    From: R. Wijaya
    To: silatindonesia@yahoogroups.com
    Sent: Friday, April 27, 2007 12:10 PM
    Subject: [silatindonesia] Gerak Gulun, Siku2 Hitam, dan Aliran lainnya

    Dear All,

    Sebenarnya Gerak Gulung saya sudah dengar kabarnya dari 2 tahun yang lalu.
Kebetulan salah seorang teman saya istrinya pernah ikut aliran ini, pada masa
dipegang Abah Horis. Dahulu banyak karyawan Hero daerah Grogol yang ikut
perguruan ini, namanya perguruannya "Tarik Gulung Budi Daya". Kata "Budi Daya"
sendiri ditambahkan belakangan untuk meperhalus maknan Tarik Gulung, sebab
makna Tarik Gulung sangat berbahaya bila di aplikasikan.

    Aliran ini juga kadang disebut "cimande perempuan" karena gerakannya yang
halus dan lembut berlawanan dengan Cimande Tarik Kolot. Ini juga dikarenakan
Abah Horis menerima ilmu ini justru dari nenek-nya bukan kakek. Jadi ilmu turun
dari jalur pihak perempuan. Sayangnya tidak ada keturunan Abah horis yg
mewarisi ilmu ini, mungkin karena kesibukan mereka karena mereka rata2 kuliah
di Yogya.

    Dari murid2nya yang mewarisi adalah Kang Iyus dan Kang Iwan. Sayangnya jika
Kang Iyus memilih untuk tetap memegang pakem dari gurunya, Kang Iwan memilih
untuh membuat aliran sendiri yang dinamkan "Gulung Saka". Kang Iyus tetap
melestarikan ilmu ini sampai sekarang di sela2 kesibukannya sebagai Pegawai
Negeri. Beberapa jurus yg ada dalam gerak gulung semisal; bebek munjr, gir
kanan dan kiri.

    tapi mohon maaf jika informasi ini masih tidak layak, karena ini
berdasarkan keterangan dari muridnya. Saya rasa Mas Amal yang sudah ketemu
lansung dengan Kang Iyus bisa lebih menginformasikan lebih banyak.

    Kabarnya Decky Zulkarnain pun pernah belajar aliran ini.

    SIKU2 HITAM

    Bang Iqbal salah satu pewaris ilmu ini selain Bang Yanto, sangat sulit
orangnya untuk menceritakan keilmuan ini. Dia orangnya sangat tertutup untuk
ilmu Siku2 Hitam, tp kalau aliran lain yang dia pelajari semisal Ju Jit Su dan
lainnya dia malah mau cerita banyak. Tapi ini ada sedikit cerita dari dia yang
bisa saya korek.

    H. Mamak yang sekalipun asli Pondok Pinang, Kebayoran Lama, pernah merantau
sampai ke daerah Banten untuk mencari berbagai ilmu. Alkisah ketika menjalani
suatu tirakat di dalam hutan, menurut penuturan H. Mamak, dia bertemu
segerombolan kera yang bermain silat. Tanpa dia sadari kemudian diapun ikut
dilatih oleh kera2 itu untuk memainkan tehnik2 silat yang kemudian dikenal
sebagai siku2 hitam. Karena itu itu dulu sekali, siku2 hitam pernah disebut
sebagai cingkrik monyet.

    Murid2 setelah belajar jurus pokok kemudian belajar jurus2 kembnagn yang
kabarnya mencapai 99 jurus. Tiap2 murid dituntut untuk dapat mengaplikasikan
ilmunya di segala medan termasuk bertarung di kolong meja, atau dalam sarung.
Kuda2nya cenderung rendah dan yang pasti banyak mengenal macam2 pukulan sikut.

    Sekarang ini saya mencoba membujuk yang bersangkutan untuk datang ke
padepokan.

    Selain itu ada beberapa aliran lain yang sedang saya coba gali semisal
Panca Bela di di Depok, ini aslinya silat minang. Terus ada permainan silat di
jati padang dan kali bata yang punya kembnagn hanya 12 jurus. Ini masih dalam
usaha penggarapan.

    regards,