Assalamu'alaikum Buat temen2 semua, saya ada sedikit opini nihh
Saya melihat kok dengan keterbatasan ilmu pengetahuan tentang silat yang saya
miliki, kita ini aga keluar dari fokus dan tujuan kita sebagai Forum yang
mencintai dan melestarikan pencak silat tradisional.
Tujuan kegiatan lapangan kita yang nomor satu bukannya berusaha melestarikan
silat yang mau punah? (maaf kalo salah). Cuman kok kita rada keluar dari jalur?
Aa yang sudah kita lakukan bersama dengan CIngkrik Goning sudah bagus
banget.Apalagi Pak Bambang memang pewaris terakhir dan belom ada pewaris baru.
Ibaratnya kalo binatang langka tu sudah selevel sama Badak Jawa bercula satu.
Nahhh, yang saya ingin ketahui...Apakah cikalong, kumango tu sudah dalam level
kepunahan seperti halnya Cingkrik Goning? Setau saya tidak, masih banyak
pewarisnya. Kalopun memang termasuk langka, level langkanya tidak separah elang
jawa (gantinya badak)
Cikalong, Kumango, adalah silat yang sangat menarik (bohong kalo saya bilang
tidak). Dari dalam hati sanubari saya sangat besar hasrat untuk
mempelajarinya...Cuman ya itu tadi, apakah sesuai dengan tujuan utama forum.
Kalopun pengen mempelajarinya, mungkin forum ini hanya sebagai jembatan saja
dan bukan koordinator.
Menurut saya saat ini sebaiknya ya Cikalong, Kumango, dll tetep jalan tetapi
jika kelak kita menemukan Badak cula satu yang lainnya, atau elang Jawa yang
lainnya sebaiknya mengutamakan mereka dalam forum latihan resmi. Makasih banyak
Jika ada salah dari saya karena kebenaran milik 4JJI semata
Wassalamualaikum