Hmmm, perguruan pencak silat bisa hidup bersama? Mudah diucapkan tapi
implementasinya sangat susah. Mungkin para sahabat sudah tau kasus Madiun,,,
jika kita melihat ke hal lain, misalnya agama Islam. Antara syiah dan sunni
saja saling bunuh seperti halnya di Irak. Di dalam syiah dan sunni sendiri
masih terdapat beberapa aliran dan bukan rahasia lagi mereka juga bisa saling
bentrok hanya karena fanatisme buta semata.
Hal2 di atas membuat saya sedih, saya beragama Islam tetapi kenapa antarsesama
saudara suka saling menyakiti secara kelewatan? Saya belajar silat tetapi
mengapa banyak saudara silat yang lain suka bentrok sendiri. Semasa saya
menjadi ketua UKM Silat di kampus, sebuah program latihan bersama pernah gagal
gara2 salah satu perguruan menolak dengan penyebab fanatisme.
Yang saya ketahui, rata2 manusia biasanya berpandangan terbuka jika mereka
sudah merasakan kehidupan kosmopolit/ kehidupan penuh warna dan tidak mengurung
diri dalam tempurung.
Terwujudkah kelak? Insya 4JJI