Saya punya cerita dikit nich mengenai kunto, apa yang disebutkan oleh Kang Edi
yang menemukan sesepuhnya di kebumen ada korelasinya dengan cerita saya, dulu
banget mungkin udah banyak yg lupa juga sih, sekitar tahun 1992an, saya
kebetulan bertemu dengan pesilat kunto ( mereka menyebutnya silat atau kunto,
atau silat kunto) jarang sekali nama perguruan atau kelompoknua disebut2.

salah satu sesepuh cerita ke saya, {mohon cros cek bila salah } dulu
diperkirakan silat kunto ini berkembang pesat di kebumen dan juga hingga
pesisir laut selatan, termasuk kutoarjo, purworejo dan daerah lainnya. silat
kunto ini punya ciri khas mainannya cepat, terutama tangan dan sikut, kaki
lincah ( Zig zag ) untuk mengoceh lawan, dan tendangannya pendek sekali ke arah
kemaluan atau ke persendian kaki dan juga merupaya menghancurkan kuda2
lawan.dalam atraksinya yang saya lihat demikian,

Dulu katanya setiap kampung di daerah sana terutama di tahun 1960-70an, ada
pertandingan silat antar kampung, masih sangat tradisional sekali memang,  tapi
kayaknya sih akulturasi dengan silat lainnya juga ada, ini buktikan dengan
silat seninya mereka sebut pencak, mirip2 tarian dan ada atraksi kelincahan
berbarengan dengam iringan musik, umpanya lompat macan, atraksi kekuatan
memecahkan batu kali, dan atraksi TDnya disebut strom. mirip banget dengan
orang yang terkena aliran strom listrik.

setiap pesilat kunto memang punya pukulan yang keras, ini terbukti celana jeans
yang saya pakai sampe sobek dipegang olah salah satu pesilat pada saat latihan,
gw sempet marah, krn ini jeans satu2nya yang gw bawa dari jakarta. oh iya
akluturasi silat ini perlu penyeledikan lebih lanjut dech, soalnya rata-rata
pesilat ini juga mahir menggunakan jurus2 setia hati. makanya jangan heran kalo
setia hati dan terate cukup diterima disana dan guru2nya juga banyak.

sempet binggung juga mereka ini anggota SH atau kunto sih, tapi keduanya
berkembang dan dipelajari bersama, kalo seninya mungkin ini bawaan dari SH,
tapi kalo inget jurusnya kok kayak latihan mustika kwitang yang pukulannya
keras dan matanya tajam, tapi tetap lincah kesana sini. oh iya satu yang unik
kadang2 kaki digunakan tidak untuk menendang lawan, tapi mencongel kuda2 lawan,
sehingga lawan akan jatuh dan di hajar menggunakan sikut.

itu dulu ceritanya, sekali lagi ini udah lama banget jadi sekedar yang saya
inget2 saja.

salam yans