Wah ngomongin sualan film ........ Jadi pengin nanggepin ..............

________________________________

        Best Martial Art Films
        Posted by: "amal" [EMAIL PROTECTED]
        Tue Jul 24, 2007 10:10 pm (PST)

        Ngomongin soal film, sy punya daftar 9 film beladiri yg paling
sy sukai
        sepanjang masa. Sy lg cari DVD aslinya untuk koleksi. Barangkali
ada yg suka
        film yg sama?

        1. SEVEN SAMURAI
        Karya legendaris Akira Kurosawa
arts masih payah, no trick dan koreographer seadanya ...... Selanjutnya
diadaptasi dalam gaya cowboy dengan judul "Magnificent Seven".
Setelahnya masih ada SANJURO, YOJIMBO yang dari segi action martial arts
sedikit ada peningkatan.
YOJIMBO bahkan diadaptasi dengan setting cowboy juga tahun 60-an dengan
judul "Fist Full of Dollar" dengan bintang Clint Eastwood, dan
selanjutnya tahun 90-an diadaptasi (remake) lagi dengan setting cowboy
modern dengan judul "Last Man Standing" dibintangi oleh Bruce Wills.
Best Samurai movie (dari segi action choreographer samurai) menurut saya
adalah "Shogun's Shadow" yang pernah beredar di bioskop tahun 90-an.
Saya lagi mau beli di amazon, sayang lagi out of stock.
Film mengenai Japan (samurai/ninja) lainnya yang menurut saya cukup
bagus adalah Trilogy Ninja nya Pak Sho Koshugi (Enter The Ninja, Revenge
of The Ninja, dan Ninja III The Domination .............. Masih orisinil
banget. Ninja III dijiplak habiss di sini dalam film "Gadis Berwajah
Seribu".

        2. KARATE KID
        Dahsyat! mengajarkan filosofi Karate yg dalam
Retreat No Surrender" (di bioskop beredar dengan judul "American
karate") yang dimaen oleh Van Damme (jd fighter Rusia). Hanya saja dari
segi cerita dan filosofi cukup bagus.

        3. WAY OF THE DRAGON
        Ada pertarungan seru Bruce Lee vs Chuck Norris!
best fight scene ever made. Chuck Norris adalah aktor kelahiran Surabaya
dengan nama asli Nur Ismael, atau biasa dipanggil Cak Nur Is.
Pertarungan antara keduanya pure mengandal teknik dan belum ada trick
yang macem2.

        4. DRUNKEN MASTER II
        Pertarungan dahsyat di pabrik besi, antara Jackie Chan dan Ken
Lo, yg aslinya adalah bodyguardnya Jackie.
vs Benny "The Jet" Urquidez (Juara Dunia Kick Boxing) dalam film "Wheels
of Meals". Dimana banyak pengamat memberikan penilaian sebagai best
fight scene ever made sejajar Bruce Lee vs Chuck Norris. Jackie & Benny
bertemu lagi dalam "Dragons Forever" Cuma sudah kurang menggigit lagi.
Fight scene lainnya dari Jackie Chan yang menurut saya cukup bagus
adalah:
Jackie vs Bill Wallace (Karateka) ....... "The Protector". Pak Bill juga
pernah maen di film Indonesia ....... (judul lupa) bersama Chintya
Rothrock.
Jackie vs Ron Smoorenburg (Tae Kwon Do) ........ "Who Am I"
Jackie vs Bradley James Allan ......... "Georgeous" ...... Adegan fight
nya lebih dari 15 menit ........... Melelahkan, tapi muantabb .......
Bradley bahkan orang non Asia pertama yang jadi Team Jackie Stunt.

        5. KISS OF THE DRAGON
        Adegan yg seru, Jet Lee dikeroyok polisi2 yang sedang latihan
karate. Hiattt!
menggigit ............ Masih lebih bagus yang orisinilnya ....... Karena
Frealess ini remake dari "Legend of a Fighter" yang dibintangi oleh
Laung Kar Yan dan Yasuaki Kurata. Ini juga dinobatkan sebagai best
martial arts movie ever made. ........

        6. HOUSE OF FLYING DAGGER
        Desingan maut dari Perguruan Pisau Terbang yg menembus hati.
Dahsyat!
"Crouching Tiger Hidden Dragon" fight scene tangan kosong dan pake
pedang dahsyat sekali ........

        7. ONLY THE STRONG
        Film yg membuat Capoeira jadi ngetop! Seru!
........... Untuk beladiri campuran sebenarnya cukup lumayan adalah "The
Quest" nya Van Damme, masih lebih bagus daripada "Bloodsports".
Untuk Muay Thai cukup bagus "Ong Bak" dan dilanjut dengan "Tom Yu Gong"
juga lumayan bagus sekali ........ Dimana di situ ada Muay Thai vs
Capoeira.

        8. THE BLADE
        Karya sutradara terkenal Tsui Hark yg keras!
.......... Agak dark (noir ........)

        9. BEST OF THE BEST
        Tontonan wajib penggila Taekwondo

        Untuk yg nomor 10, sy sisakan tempat untuk film pencak silat yg
bagus, yg
        belum juga ada...
Pitung 3 (Pembalasan Si Pitung Jiih) ada masuk Willy Dozan juga
................. Saya seneng masih pure mengandalkan ketrampilan
teknik, belum banyak trick animasi dan kawat seling. Kebetulan saya
punya VCD nya ,,,,,,,,, saya juga punya "Karate Sabuk Hitam" dimana ada
Willy Dozan, Lee Chin Kun, Lo Lieh. Juga ada "Kera Sakti" (Willy Dozan,
Chen Kuan Tai). "Krakatau" yang dimaen oleh Dicky Zulkarnaen, WD Mochtar
saya juga ada, hanya sayang kok filmnya ga sampe selesai. Lainnya saya
ada Barry Prima dalam film "Jaka Sembung dan Bajing Ireng" dan "Jaka
Sembung vs Bergola Ijo", "Malaikat Bayangan", dimana warna Pencak Silat
kental sekali.

Kirim email ke