kalo menurut saya, dan dengan yg saya praktekkan, pukulan lurus tsb 100 %
lurus, kearah leher, ga boleh ada ada tekukan, dan sebetulnya, pada saat mukul,
kita ga pake tenaga full, cmn speed, baru begitu lurus di hentakkan shingga
speed tsb jd power. spt kalo kita menjulurkan sarung dgn speed, begitu menemui
titik lurusnya, maka sarung tsb bisa jd senjata. makanya di pukulan lurus ini,
yg di kencangkan hanya otot kepalan saja, otot lengannya utk kelincahan. di
satu2, metode spt ini banyak menghemat tenaga jika dibandingkan dengan
mengerahkan power yg full dari awal. pada saat nagkis pun demikian, disini
sangat dihindari penggunaan adu tulang dlm menangkis, prinsipnya "gue nggak mau
sakit". prinsip sama spt pukulan, dimana tangan dibikin rileks utk meredam
pukulan, begitu saling nempel, baru gunakan sedikit power utk mendorong, tp
tetep dgn keluwesan. ini yg menurut sy sulit banget.

pada persiapan akan mukul, sama spt silat lain, tangan menyilang didada dgn
tangan yg akan mukul berada didepan. kedua tangan rapet didada dgn ketiak rapet.

salam.