Ngobrol2 tempo dulu dengan almarhum Pendekar Swanda,
dia bilang untuk memperjuangkan nama pencak silat
Mande Muda memerlukan 10 tahun hidup susah. Suatu
contoh bila dia dipanggil ngajar di suatu kota
pelayanan murid kadang-kadang tidak manusiawi untuk
tidurnya
di gudang garasi, di kursi; Saya pribadi punya
pengalaman sama setelah mengajar "gratisan" tidurpun
sejajar dengan kandang anjing Belanda.

Nah sekarang bagaimana dengan para penggede pesilat
dari Indonesia.
Pendekar yang di utus langsung dari Induk perguruan /
pemerintah untuk ke mengajar di LN harus ada tiket
kelas bisnis, tidur di hotel berbintang plus uang
sangunya.

Need a vacation? Get great deals
to amazing places on Yahoo! Travel.
http://travel.yahoo.com/