Sahabat silat,

  tadi malem sekitar jam setengah tujuh'an iseng-iseng liat tipi dan nyetel
trans 7 pas acara yang disebut "seru"...dibawakan oleh 2 orang presenter (yg
rada norak :)) ..yaitu indra ama siapa ya namanya? lupa he he..

  Nah konsepnya yang menarik..
  mereka berdua ke sumedang larang..selama beberapa hari..
  Hari pertama belajar ibingan pencak dari para pendekar dari perguruan Sinar
Mustika (ada yang tahu?)..
  trus hari kedua dan ketiga latihan kanuragan (semacam debus gitu): badan
digebuk pake kayu, ama makan beling segala hiiiiii..atawa makan kriyuk-kriyuk
boklam lampu, trus maen pake api, dll..

  Trus malem terakhir mereka tampil...bersama dengan para praktisi silat dari
Sinar Mustika itu....

  hello, ada yang nonton gak?

  ..
  Daku sih tertarik pada konsepnya aja..yg kayaknya pernah ada di TV luar..
  yaitu selama beberapa hari di suatu tempat, ikutan belajar silat (ibingan
atau yang lainnya) dan setelah itu menampilkan apa yang telah dipelajari selama
beberapa hari itu..

  Mungkin cara yang menarik untuk promosi silat..

  Walopun ane kok kurang sreg dengan kebanyakan 'debus2an'nya...ntar image
silat jadi yang kayak gitu kesannya...(makan2 beling, dibakar pake
apiii..dll)..emang sih untuk show atao pertunjukan itu 'memukau'..
  tapi ya ngomong pelestarian silat, ngomong membuat kaum muda cinta silat...ya
orang tua mana yang rela anak manisnya yang duduk di sd, smp ato sma (apalagi
di kota-kota besar) belajar yang begituan...ane aja kalo jadi ortu gak mau
ngasihijin anak ane ...mereka biasanya langsung mikir: mending karate aja ato
taekwondo, bisa bikin sehat, gak makan2 beling..he he.

  Mohon maaf nih, bukannya ane gak suka ama debus2an..karena itu juga bagian
dari kekayaan kita dan patut dilestarikan...tapi kan gak semua pencak begitu
..lihat aja di Jkt: berapa sih jumlah perguruan silat nya, berapa sih jumlah
muridnya dan berapa sih yang pake acara makan-makan beling dan lain-lain ..

  jadinya  ya itu tadi : 'image' atau citra masyarakat terhadap silat ya
jadinya --secara umum--kayak gitu..kental dengan nuansa mistiknya, makan2
belingnya,dll..nah ngomong soal pelestarian silat, ya tidak heran kalo silat
kalah dengan beladiri impor lainnya;
  karena media massa (TV) juga punya andil 'melestarikan' image semacam itu...

  Ada komentar lainnya?

  ato ada yang minat untuk bikin sendiri acara seperti itu?

  salam
  Ian S