Diantara 4 aliran besar, (Yang, Chen, Sun, Wu), masih terdapat berbagai aliran
Tai Chi yang tidak mencuat ke permukaan atau tetap menjadi ilmu simpanan
keluarga. Setahu saya yang telah menjadi "produk massal" adalah aliran Wu Dang
(Bu Tong), Ngo Mei (Go Bi), Kun Lun, Shao Lin (Hard Tai Chi), Lama-Tibet (tidak
semua open), Tai Chi Tang Lang dll. Menurut cerita kakek dulu, Tai Chi kuno
yang masih tertutup dan misteri hingga kini Tai Chi aliran Kuo, Yu, Feng dll
(konon ilmu Tai Chi tersebut merupakan gabungan antara Tai Chi Chen, Sun, Hsing
-I dan Ba Gua (Pat Kwa). Ilmu ini tergolong agresif + eksplosif. Ilmu ini
muncul pada jaman Dinasti Manchu. Ilmu ini mirip dengan other "internal arts" :
Yi Chuan dan Tibet Lama. Sayangnya sangat sulit untuk menemukan "the true
master" apalagi Tai Chi. Tai Chi Kankun sendiri tergolong dalam aliran yang
mana?

devil_buddy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:          wah selama ini kita hanya
mengenal yaichi atau taiji dari dua aliran
besar, aliran yang dan aliran chen , baru sekarang denger ada aliran
kan kun, ceritain lebih detail dong mas deni, apalgi niy katanya ada
unsur2 silat tay li nya juga, btw silat tay li itu satu rumpun ga sih
ama kungfu tifan pokhan??

--- In silatindonesia@yahoogroups.com, Iswar Deni <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Aif,
>
> Saya ketemu teman-teman waktu itu di seketariat dan membicarakan Lo Ban
> Teng, yang juga ada di Tangerang. Saya pikir Tai Chi Kan Kun juga cukup
> menarik untuk masukan. Menurut informasi dari pihak Tai Chi Kan Kun itu
> sudah blend dari sana, bukan di blend di Indonesia.
>
> Salam Silat
> Iswar Deni

<http://sg.rd.yahoo.com/mail/id/footer/def/*http://id.answers.yahoo.com/>

    Best Regards