----- Pesan Asli ----
Dari: edwinyoes <[EMAIL PROTECTED]>
Kepada: silatindonesia@yahoogroups.com
Terkirim: Rabu, 9 Juli, 2008 17:37:19
Topik: [silatindonesia] Re: Ada Cabang Pencak Silat dan Tarung Drajat di PON 17
Kaltim

Bisa tolong ceriterakan lebih mendalam asal usul beladiri tarung
drajat ini, Karena dalam Buku Pencak Silat Merentang Waktu tidak
menulis tentang jenis beladiri ini.
============ ===

Mungkin memang Tarung Drajat atau AA Boxer ini bukanlah cabang dari
Pencak Silat...

Tarung Derajat adalah beladiri turunan dari ajaran Jalaksana Bandung
Karate Club (BKC) yang didirikan Iwa Rahadian Arsanata dan kemudian
diturunkan pada muridnya yang bernama Achmad Derajat atau sering
dipanggil dengan Aa Boxer.

Dalam perjalanan BKC, Aa Boxer kemudian memutuskan untuk keluar dari
BKC dan mendirikan Boxer yang ternyata merupakan dasar dari
perguruan BKC jaman dahulu. Teknik dasar dalam latihan BKC jaman
dahulu yang keras pun kembali dihidupkannya. Kini asosiasi resmi
beladiri ini bernama KODRAT (Keluarga Olahraga Tarung Derajat).

Olah raga Tarung Drajat karya Guru Haji Achmad Drajat, SANG GURU
TARUNG DERAJAT, ini mulai didklarasikan pada 18 Juli 1972 sebagai
suatu seni ilmu beladiri yang berdiri sendiri, tidak berafiliasi
kepada aliran dan organisasi beladiri lainnya...

untuk jelasnya silakan klik :
http://id.wikipedia .org/wiki/ Tarung_Derajat