--- Pada Jum, 19/9/08, iwan setiawan <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Dari: iwan setiawan <[EMAIL PROTECTED]>
Topik: [silatindonesia] 'PEPATAH MUSUH JANGAN DICARI.............Bojonegoro
Part II"
Kepada: silatindonesia@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 19 September, 2008, 1:04 AM

10 x 10 .....cepe dechhh
 bahas silat yang gini muluuu.....cape' dechhhh

 yang lain aja deh, kayaknya ntar kejebak malah kita pada ribut
 yang mau bela perguruan ....monggo itu hak anda....
 yang mau majuin dan ngehapus imej jelek silat itu tujuan kita...
 ayo  bareng-bareng nunjukin kebaikan dan keindahan silat lewat silaturahmi !!!

 PEPATAH PARA GURU YANG HARUS DIRESAPI

 MUSUH JANGAN DICARI
 ADA MUSUH JANGAN LARI

 Merupakan penjabaran dari:

 MUSUH JANGAN DICARI (berarti dalam hidup tak perlu kita mencari permusuhan)
 ADA MUSUH (berarti emang punya dan pernah mencari) AJAK BAEKAN !!!

 KALAU MUSUH JANGAN DICARI
 ADA MUSUH....YANG ADA MAKA JANGAN DITAMBAHIN

 MUSUH JANGAN DICARI
 ADA MUSUH ...KENAPA HARUS BERKELAHI?
 (masih banyak cara penyelesaian tanpa perkelahian)

 KALAU MUSUH JANGAN DICARI (berarti selalu memiliki niatan dan hati pertemanan)
 ADA MUSUH JANGAN LARI (siapa tahu "musuh" tersebut akan memberikan nilai
pahala yang tak terduga atau dia datang memberikan rizki yang tak kita
sangka-sangka, atau malah ingin berbaikan... .kan ini berkah) jika kita
songsong musuh dengan amarah maka ketakutan dan kengerian yang kita tuai..

 MUSUH JANGAN DICARI
 berarti hendaknya kita memiliki hati atau niatan untuk menjalin dan mejalankan
pertemanan dan persaudaraan karena musuh abadi manusia bukanlah manusia lagi,
mungkin saat ini bermusuhan. Mungkin di lain waktu akan saling butuh jika
tidak, mungkin anak cucunya kelak saling menyayangi. satu-satunya musuh abadi
manusia adalah SETAN. Mungkin para guru kita dulu sering berpesan seperti ini
agar kita mencukupkan saja permusuhan abadi manusia pada SETAN bukan pada yang
lainnya. Musuhan dengan SETAN sangat membuat kita repot maka cukuplah dengannya
jika bermusuhan dengan manusia janganlah dijadikan permusuhan abadi.

 ADA MUSUH JANGAN LARI
 kekhilafan atau kesengajaan membuat kita memiliki musuh dengan manusia maka
para guru kita mengajarkan untuk tidak "lari". Bukan berarti kita harus
langsung berkelahi, berperang atau bertempur... ..melainkan  "Jangan lari" yang
merupakan  penjabaran dari tanggung jawab. Jikalau terlanjur memiliki musuh
maka kiranya kita mau berhadapan dan menghadapi musuh tersebut
dengan bertanggung jawab dan ber"niatan" menghapuskan segala bentuk permusuhan
dan berbaikan dengannya.

 Nasehat ini biasanya diajarkan para guru silat untuk para murid, namun
penerimaannya akan berbeda jika diterima setengah- setengah oleh pesilat
yang mendalami silat. Biasanya akan berangkai pada nasehat : MUSUH SATU
TERLAMPAU BANYAK, KAWAN SERIBU MASIHLAH KURANG...... .

 menjaga NAMA BAIK itu penting namun BERBUAT BAIK DAN UNTUK KEBAIKAN itu
jauuuuuhhhh lebih penting.

 itu yang saya dapat dari belajar silat, para guru saya selalu pesan seperti
itu dan bilang,". ...Wan, semua guru silat akan mengajarkan muridnya berbuat
kebaikan, memperpanjang tali silaturahmi dan pertemanan, pesilat yang dikenal
karena kebaikannya jauh lebih baik ketimbang pesilat yang dikenal karena
perkelahiannya.  Jika ada murid yang belum denger hal ini mungkin saat gurunya
bicara dia ada dipojokan paling belakang dan tertidur.... " mumpung ramadhan
...jika yang saya tulis salah berarti itu kebodohan dari seorang pesilat yang
bernama Iwan. da ari nu bener mah ngan ALLAH SWT.

 wassalam,

 Iwan Setiawan
 (pesilat bodoh yang suka tidur tapi masih suka dengerin gurunya...)