sahabat silat

Terima kasih atas pertanyannnya

Pencak silat di Vietnam dan Thailand berkembang lebih pesat dari negara
tetangganya seperti Laos, Cambodia dam Myanmar.
Vietnam dan Thailand khususnya dalam olahraga pembinaannya sangat bersaing
contoh dalam sepak bola saja, Vietnam sekarang bisa mengalahkan Thailand,
symbol keberhasilan dalam pembinaan olahraga.

Di Thailand dan Vietnam dalam pembinaan pencak silat bukan bertumpu kepada
perguruan seperti di tanah air.
pencak silat sudah diajarkan wajib diperingkat sekolah olah raga di peringkat
SLTP dan SLTA seperti dulu di Indonesia(SGO)
pertandingan peringkat anak sudah dipertandingkan antar sekolah olahraga.
dari sekolah ini menghasilkan pesilat pesilat tangguh.
Vietnam negara komunis sistim pendekataannya berbeda dengan negara kerajaan.
Di Vietnam yang namanya TC sepanjang tahun tiada hari tampa berlatih kalau mau
lebih tahu bagaimana pembinaannya tanya pada kawan saya hartin...@yahoo.com dia
pelatih Vietnam yg berhasil mengalahkan Indonesia.

Sedangkan di Thailand TC usia dini sudah dilakukan didalam sekolah dan
menjanjikan kehidupan pesilatnya dikemudian hari.

Pembinaan sport keseluruhan dari mencari bibit sampai pengiriman pesilat
semuanya ditanggung kerajaan.

Berbeda di tanah air, di negeri kita pencarian bibit sampai pembinaan di
serahkan kepada perguruan pencak silat. Sulit nya waktu dan kehidupan terhadap
pelatih juga membuat lemahnya anggota perguruan.
Perguruan tidak mendapat sentuhan oleh IPSI seperti misalnya seminaar tentang
mangement perguruan, karena perguruan pencak silat perlu management, pada hal
pelatih atau guru hanya orang yang mampu tentang technique pencak silat saja.
Ini salah satu factor kenapa perguruan pencak silat banyak yang mati suri.IPSI
di wilayah hanya menyediakan sarana pertandingan untuk mempertemukan perguruan
pencak silat dalam pertandingan, banyak atau sedikit peseta yang ikut terserah
ada perguruan atau tidak didaerah itu.

Seperti orang Parung ngelempar biji duren tumbuh dan berbuah sambil nunggu
duren jatuh.
Di Vietnam dan Thailand kondiisnya berbeda mereka membuat perkebunan
duren.Hasil panennya bisa dibayangkan.

Ini yang menguatirkan pertumbuhan dan perkembangan pencak silat tidak merata,
Juragan Yana jika perkembangan pencak silat tidak merata, bagaimana pencak
silat akan beranjak ke Olympiade, di peringkat Asian Games saja tak lebih dari
11 negara pesertanya.

Perkembangan pencak silat didunia masih bersikap seperti petani duren.
Saya pikir masih jauh sampai ke impian kita, apa lagi dengan kondisi
sekarang..... apa kah bisa konsistent IPSI mengirimkan pesilatnya diseluruh
event yang diadakan di Europa seperti Paris Open, Nederland Open, Belgium open
UK Open, Germany Open and Swiss Open yang waktunya berdekatan dari bulan Maret
- Juli setiap tahunnya.
Belum lagi seperti Asia Indoor, Asia Martial Arts, Asia Pacific dan Kejuaraan
Dunia.
Bagaimana dengan yang festival martial arts
Semuanya ini adalah dana yang besar yang semuanya tergantung kepada pengusaha
kita.
Jangan berharap dari KBRI mereka tidak membantu untuk perkembangan pencak silat
di dunia.
Semga kita bisa menjawabnya

La Cascade Condominium, Apt 10C
1/15 Ekamai Soi 10