Salam Pencak Silat,

Saya pribadi mengenal gurunya SK , pernah berseminar silat dengan gurunya,
mungkin dia pun ada waktu itu. Posting dia beberapa tahun yang lalu ke site
www.silatpdusa juga sama, ceritanya itu2 juga di ulang2.

Sebagai pengetahuan untuk bangsa2 lain terhadap bangsa USA secara global cara
penyampaian pribadi SK umum sekali cara bangsa itu. Setelah menemukan
keyakinannya pindah agama dari khatolik ke islam dengan media PENCAK SILAT,  SK
berbagi rasa ke umum. Kebenaran teman saya (guru SK) itu focusnya bersilat
dipadukan dengan islam.
Di USA karate, kung fu, arnis, jujitsu, hapkido dll bela diri di rangkul oleh
islam, bahkan ada namanya martial arts muslim. Tidak heran ada juga yang
karate, kung fu, arnis, jujitsu, hapkido dll berlebel misal  yahudi, kristen,
hindu, buda , jen dll keyakinan dipadu dengan beladiri.

Jangan kan perbedaan agama, perbedaan silat saja sudah pusing dengan gaya2 yang
berbeda. Leadership para Pendekar yang sakti atau belum sakti adalah bagian
dari "SAMSAK"para murid2. Murid2 kadang2 sikapnya mirip kaya "mafia ahlaknya",
guru mati pendekar mati dia yang paling nomor satu, itulah perupamaan
saya.Dengan egonya dia merasa lebih JAGO dan lebih KUAT dari pada gurunya.

Maka banyak murids kesepian di USA yang modern, guru silat tempat mengadu
hingga  batin dan raganya. Masalahnya murid2 kurang perhatian asuhan dari
keluarganya. Banyak murid yang etis , tidak etis, bebas mengungkapkan rasa
pribadi. Begitu tidak puas dengan cara gurunya mengajar gurunya jadi bahan caci
maki muridnya bahkan di CAMPANGKAN.

 Begitu dia sampai puas hingga tercapai goalnya batin dan raganya (misal goal
dalam pindah agama, kejuaraan dunia, ilmu sakti, ilmu2 forces,santet, mengobati
dll) dia akan bangga dengan guru tersebut di puja puji, TAPI TETEP SIFAT EGONYA
MASIH TERTANAM ( I=AKU=SELF=ME and ME) itu secara umum bangsa USA sejak sd
sampai universitas hingga umur 60 tahun sama saja secara global.Dan masih kuat
sifat BERSAINGNYA walaupun umur SUDAH TUA RENTA apa lagi yang MUDA2

Kang Yana
USA