jadi kiita bener2 harus memilih silat yg bener2 bersih dong ya.
di beberapa perguruan kalo ngga salah namanya nyambat ya....

  ----- Original Message -----
  From: arranger5
  To: silatindonesia@yahoogroups.com
  Sent: Wednesday, July 14, 2010 11:23 AM
  Subject: [Bulk] [silatindonesia] Re: silat tenaga dalam

  Saya ga tahu gimana pandangan orang. Setidaknya ini pandangan saya
  pribadi.
  Dalam Silat yang saya ikuti (PSHT), latihan pernafasan memang ada,
  digunakan utuk megendalikan kekuatan tubuh dan stamina. Saya belum
  pernah tahu dengan metode yang dignuakan oleh teman2 dari perguruan
  lain.

  Suatu ketika, saya pernah uji tanding dengan seorang kawan dari Sin Lam
  Ba, yang katanya menggunakan tenaga dalam juga. Terus terang saya
  penasaran seperti apa ilmu mereka. Ketika kita bertanding, kawan
  tersebut seperti seorang awam yang tidak pernah mempelajari beladiri
  apapun. Hal ini membua saya agak menyesal menyerangnya (meskipun
  untungnya saya tidak menggunakan kekuatan penuh). Namun sungguh
  mengejutkan ketika dia agak meraung (seperti macan), dengan tangan dan
  tubuh berposisi seperti macan...
  Kemudian secara mengejutkan, dia mampu bergerak secara lincah dan mampu
  menghindari beberapa serangan dari saya, bahkan mengkounternya.
  Kemudian setelah selesai, dia mengklaim bahwa dirinya dimasuki oleh
  khodam malaikat. Atau kadang juga diklaim dirinya dimasuki oleh raja
  Brawijaya...

  Secara pribadi saya yakin ini jelas menggunakan jin. Nabi Muhammad SAW
  yang jelas2 dilindungi malaikat aja masih bisa terkena lemparan batu
  atau kotoran manusia.

  Maka, pandangan saya tentang ini jelas tidak mendukung!

  Mengenai pelatihan, pengolahan dan penggunaan tenaga dalam yang
  benar-benar menggunakan pernafasan, kebetulan saya belum mengetahui
  secara langsung, kecuali secara terbatas sebagaimana digunakan pada
  PSHT.

  Demikian...
  Terimakasih..
  (Just sharing!)