Innalillahi wa innalillahi rojiun atas meninggalnya Bapak Ali Machmud.

Saya teringat saat beliau mengajarkan matakuliah sistem pengendalian, baik
sistem pengendalian internal maupun manajemen.
Metode mengajar beliau menurut saya cukup unik. Tanpa beliau mengajar banyak
ceramah suasana ruang kelas tetap hidup.
Beliau memberi stimulasi nilai yang sangat baik. Menarik minat saya untuk turut
aktif di kelas dengan diskusi dan tanya jawab.
Dan di dua matakuliah yang saya ambil tersebut hampir seluruh peserta kuliah
aktif berpartisipasi.

Sampai detik ini pun saya masih ingat bagaimana dia mengakhiri kelas dengan
memberi wacana dan penilaian atas diskusi dan tanya jawab yang kami lakukan.
Sehingga akan diketahui apakah kita telah belajar (membaca terlebih dulu)
materi diskusi dan tanya jawab sebelumnya atau tidak. Dari sini akan diketahui
pula kualitas nilai untuk diskusi & pertanyaan yang kami utarakan.
Tapi sepertinya beliau tidak sepelit yang saya kira hm.. terimakasih Pak Ali.

Semoga ilmu yang kau berikah kepada kami menjadi amal jariyah untukmu. Semoga
Yang Maha Pengasih melapangkan kuburmu sebagaimana engkau membantu kami
melapangkan pikiran yang sempit terhadap ilmu yang belum kami ketahui.
Amin. Amin Ya Robbal Alamin.