Memanah, Berkuda & Bercanda Dengan Istri

Telah mengabarkan kepada kami Al Hasan bin Isma'il bin Mujalid
berkata; telah menceritakan kepada kami Isa bin Yunus dari
'Abdurrahman bin Yazid bin Jabir berkata; telah menceritakan kepadaku
Abu Salam Ad Dimasyqi dari Khalid bin Yazid Al Juhani berkata; 'Uqbah
bin 'Amir melewatiku dan berkata, "Wahai Khalid, keluarlah bersama
kami untuk melempar." Kemudian pada suatu hari aku memperlambat jalan
darinya, kemudian ia berkata, "Wahai Khalid, kemarilah. Aku kabarkan
kepadamu apa yang telah disabdakan Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam." Kemudian aku datang kepadanya dan ia berkata,

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Sungguh, dengan satu anak panah Allah memasukkan tiga orang ke dalam
Surga; yaitu pembuatnya yang dalam membuatnya mengharapkan kebaikan,
orang yang memanah dan orang yang mengambilkan anak panah.

Panah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai daripada
kalian berkuda.

Tidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang
melatih kudanya,
candaan seorang terhadap isterinya, dan lemparan anak panahnya.

Dan barangsiapa yang tidak melempar setelah ia mengetahui ilmunya
karena tidak menyenanginya, maka sesungguhnya hal itu adalah
kenikmatan yang ia kufuri."

(Hadits Riwayat Nasai No 3522)

Kirim email ke