Jumat, 03/10/2008 17:38 WIB
Laporan dari Den Haag
Veni, Vici, Vidi, Mengantar Investor Belanda ke Indonesia
Eddi Santosa - detikFinance

Den Haag - Situasi politik, keamanan dan iklim ekonomi Indonesia saat ini sudah
sangat kondusif untuk menanamkan modal. Para investor silakan datang.
Hal itu disampaikan Dubes RI untuk Kerajaan Belanda J.E Habibie, Jumat
(3/10/2008), dalam sambutan pengantar keberangkatan 42 investor Belanda yang
akan berangkat ke Indonesia.
Pada rentang 21-25 Oktober 2008 Indonesia akan menggelar Trade Expo di Jakarta
International Expo, Kemayoran, dan para investor Belanda akan melakukan
kunjungan penjajagan mitra.
"Kalau soal keamanan, di sini di Belanda pun kita bisa dirampok, dijambret.
Saya tidak mengatakan bahwa situasi di Indonesia sudah sempurna, tetapi memang
sudah jauh lebih baik," ujar J.E Habibie yang di kalangan akrab biasa disapa
Fanny.
Mengenai korupsi, menurut Fanny dirinya juga tidak mengatakan bahwa sudah tidak
ada korupsi di Indonesia.
"Tetapi saya terbuka mengatakan bahwa sudah jauh lebih berkurang dan akan terus
diberantas. Anda lihat, setiap hari media massa menyiarkan pejabat parlemen dan
pemerintah level tinggi sampai rendah dijebloskan ke penjara," tandasnya.
Fanny meminta supaya para calon investor Belanda itu memercayai Indonesia dan
Indonesia akan membalas dengan kepercayaan yang sama.
Ditekankan bahwa bukan berarti mereka harus datang sebagai filantrop. Mereka
tentu harus mencari keuntungan, tapi negeri dan rakyat Indonesia juga akan
mendapat keuntungan dari penanaman modal mereka.
"Jadi, mari silakan datang dan menanamkan modal di Indonesia. Veni vici vidi,
saya datang, saya melihat dan saya teken kontrak. Bagi saya ucapan Julius Cesar
itu artinya demikian," kelakar Fanny seraya mengucapakan selamat jalan ke
Jakarta dan sampai jumpa.
DCM Djauhari Oratmangun secara terpisah menambahkan bahwa Trade Expo di Jakarta
International Expo, Kemayoran, adalah salah satu pameran perdagangan terbesar
di Asia Tenggara.
"Lebih dari 5.000 pengusaha dari seluruh dunia akan ke sana," terang Djauhari.
Dikatakan bahwa Menteri Ekonomi Belanda Maria van der Hoeven juga akan
melakukan kunjungan kerja bersama delegasi bisnis pada awal November setelah
keberangkatan para investor tersebut.
"Harapan kita untuk Trade Expo kali ini delegasi dari Belanda dapat lebih
banyak dari tahun-tahun sebelumnya dengan volume kontrak yang meningkat pula.
Dan ini adalah delegasi ekonomi perdagangan terbesar yang menandai hubungan
bilateral kedua negara yang semakin baik," demikian Djauhari.(es/es)

Sök efter kärleken!
Hitta din tvillingsjäl på Yahoo! Dejting:
http://ad.doubleclick.net/clk;185753627;24584539;x?http://se.meetic.yahoo.net/index.php?mtcmk=148783