Langsung bikin tugas lapangan adalah manifestasi konkrit yang tak
terbandingkan dengan tugas-tugas meja lainnya. Menghargai situs
peninggalan sejarah adalah kewajiban bagi kita semua, bukan beberapa
orang saja. Sayangnya banyak diantara pejabat yang tidak merasakan
sama sekali kepentingan peninggalan sejarah ini. Benteng Putri Hijau
sebagai simbol besar sejarah kebersamaan etnis asli Sumtim Melayu
dan Karo, tidak ada duanya dimasa lalu, sekarang maupun dalam jangka
yang masih panjang kedepan selama kedua etnis ini masih exis. Adanya
situs ini (yang ditinggalkan sejarah) merupakan harta karun yang
tidak mungkin diganti atau diciptakan di zaman sekarang, karena itu
tidak bisa dinilai dengan harga comoditas modern. Situs merupakan
gambaran kebesaran jiwa dan kejayaan perjuangan kehidupan orang
Karo/Melayu atau asal-usul kedua etnis asli ini pada masa lebih dari
600 tahun yang lalu.
Jika situs ini dipelihara, sekarangpun bisa dijadikan objek wisata
dunia yang bisa sukses, karena umumnya rakyat dunia juga ingin
mengetahui perjalanan sejarah dimasa lalu termasuk dibagian dunia
yang kita miliki ini (Sumut). Apa lagi situs ini punya legenda yang
sudah terkenal bukan hanya di Indonesia dan Malaysia tetapi juga di
bagian lain di Asia dan dunia.
Salut kepada teman-teman mahasiswa antropologi dimana termasuk salah
satu dosennya juga ikut berpartisipasi. Salut kepada 3 teman kita
ini anggota milis ini (Ita, Juara, Eddy)dan sangat bagus juga karena
beritanya sudah bersifat nasional (Kompas).
Bujur mlala dan mejuah-juah
MUG

--- In tanahkaro@yahoogroups.com, "pelangiharum" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Sodara-sodara sepenggejapen, kemarin kita (Aku, Bang Juara dan Eddy
> Surbakti beserta kelompok Study Group of Culture mahasiswa
Antropologi
> USU Medan mengadakan aksi damai prihatin dan menangis untuk Benteng
> Putri Hijau.
>
> Hari ini, kegiatan aksi dirilis di harian Kompas. Berikut ini link-
nya :

http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/06/00203934/putri.hijau.semaki
n.r\
> ata
>
> Nanti akan kami susulkan fot0 tambahan selama di lapangan.
>
> salam,
>
> ita

Kirim email ke