Pertunjukan PUTRI HIJAU terpilih menjadi cover buku kalender acara Taman Ismail
Marzuki (TIM) edisi September - Oktober 2009. PUTRI HIJAU telah menyisihkan
berbagai acara kesenian yang digelar di Taman Ismail Marzuki selama bulan
September - Oktober 2009. Kepastian ini diterima Teater Aron saat penerbitan
buku kalender acara TIM tadi siang.

"Terpilihnya PUTRI HIJAU sebagai cover buku kalender acara TIM , karena
pertunjukan dianggap berkelas yang mewakili tiga suku besar yaitu Karo, Melayu,
dan Aceh," kata Daddy salah seorang kordinator TIM. "Selain itu TIM mempunyai
pertimbangan sendiri di dewan redaksi sebelum memutuskan pertunjukan mana yang
paling layak untuk dijadikan cover buku kalender acara."

Buku kalender acara Taman Ismail Marzuki setiap bulannya dicetak 100.000
ekslempar dan disebarkan di berbagai tempat. Penyebaran ini tidak hanya di
seputaran TIM dan geleri serta komunitas kesenian. Tapi juga kampus-kampus
seputaran Jakarta. Berikut pula kedutaan besar negara sahabat dan juga
pusat-pusat kebudayaan asing seperti Erasmus Huis, Goethe Institut, Istituto
Italiano di Cultura, Centre Culturel Francais (CCF), British Council, Japan
Foundation. Sekolah-sekolah International seperti Jakarta International School
(JIS), Gandhi School, dll.

Buku acara ini ditulis dengan dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.
Pertunjukan PUTRI HIJAU dimuat di halaman tengah (centerfold) pada halaman 5
dan 6. Mulai besok buku kalender acara ini sudah disebarkan di berbagai tempat
tersebut diatas.

"Harga tiket Teater Aron sama dengan harga tiket Teater Koma. Ada apa dengan
sebetulnya dengan kelompok ini?" kata seorang pelukis top saat membaca buku
kalender acara itu tadi siang. Teater Koma besutan sutradara top N. Riantiarno
ini adalah kelompok teater paling produktif di Indonesia dengan jumlah penonton
terbesar.

Teater Aron dan PUTRI HIJAU kini menjadi bahan perbincangan di kalangan seniman
di Taman Ismail Marzuki. Belum lagi mereka menunggu momen dimana aktor senior
Jose Rizal Manua kembali naik panggung setelah 5 tahun non aktif sebagai aktor.

Beberapa seniman senior dan wartawan mulai singgah di home base latihan Teater
Aron di Sanggar Baru Taman Ismail Marzuki. Mereka ingin menyaksikan dari dekat
proses latihan teater arahan sutradara Joey Bangun ini.

"Yang menarik adalah pertunjukan ini kini mendapat pengakuan dari sebuah
komunitas kesenian terbesar di Indonesia. Konon seorang mengatakan pada saya,
PUTRI HIJAU akan menjadi pertunjukan terbesar di Jakarta Oktober nanti. Dan
komunitas Teater Aron akan mengukir sejarah menjadi komunitas seni yang
mendapat pengakuan di negeri ini," kata Joey Bangun saat di wawancara seorang
wartawan tadi sore di sebuah cafe di TIM.

"Sebetulnya yang telah diberikan menjadi beban bagi saya. Sebuah tanggung jawab
maha besar kini saya emban. Namun saya yakin saya akan lolos dari ujian ini,"
kata Joey Bangun penuh kepastian.

"Dibalik saya ada suku Karo. Saya hadir karena Karo. Saya berkarya karena
spirit Karo. Kecintaan saya pada suku yang telah memberikan nilai kearifan
lokal itu yang membuat saya terbeban lagi untuk memberikan terbaik sebagai
eksistensi suku saya di negeri ini."

"Saya sadar untuk pertama kali selama 41 tahun Taman Ismail Marzuki berdiri,
baru pertama kali suku Karo mendapat pengakuan seni dan budayanya. Suku Karo
pernah tampil di panggung itu tahun lalu dengan pertunjukan Pawang Ternalem.
Tahun ini PUTRI HIJAU!"

"Panggung Graha Bhakti Budaya itu telah bermain seniman-seniman besar seperti
W.S Rendra, Putu wijaya, Teguh Karya, N. Riantiarno, Arifin C. Noer, Butet
Kertharadjasa, Sardono W. Kusumo, dan kini.... saya akan menjadi bagian dari
mereka."

Tadi sore sebuah komunitas Aceh terbesar di Jakarta telah menghubungi pihak
Teater Aron untuk pemesanan tiket pertunjukan. Mereka memastikan 100 orang Aceh
sejabodetabek akan menonton pertunjukan ini. Ini membuktikan PUTRI HIJAU sudah
menarik perhatian berbagai kalangan.

"Yang aku lakukan kini adalah menengadah ke atas dan tersenyum syukur. Terima
kasih Tuhan, Engkau telah mewujudkan segala impian ini. Semuanya kudedikasikan
kepadaMu yang senantiasa memberikan berkat tak putus-putusnya pada anakMu ini.
Aku mencintaiMu..." ucap Joey Bangun tersenyum haru.

---> Untuk melihat buku acara TIM silahkan klik : www.teateraron.org   klik
pada gambar untuk memperbesar.

 TeaterARON
Jln. Swadaya V No. 38 Cempaka Baru