On Mon, Nov 10, 2003 at 04:26:04PM +0700, Asfihani wrote:

> Konversi dari XML ke PDF bisa menggunakan Jadetex, kalau menggunakan
> FOP nya Apache boro-boro, nginstall nya saja susah setengah hidup :-).
kurang tepat. Tidak bisa langsung mengubah xml ke pdf dengan jadetex,
terkecuali memakai tambahan xmltex/passivetex(well, biasanya sudah
disertakan dengan Latex. tapi di Debian, xmltex merupakan paket
tersendiri). jadetex memang bisa untuk mengubah sgml langsung ke pdf. html ke pdf
dengan htmldoc? untuk beberapa kasus, cukup. tapi yang lebih kompleks, langsung saja
sgml/xml ke pdf

inilah mengapa kok distro-2 hanya menyertakan php manual versi html
(untuk php yang terbaru). Susah mengubah source xml-nya.

install FOP maksudnya instal dari source ato menjalankannya dari
fop-bin-nya? Yah, memang sedikit rumit, tapi dengan set jar yang
dibutuhkan (misalnya dengan set ke bin direktori) maka tidak ada masalah

> See, http://www.tldp.org/HOWTO/DocBook-OpenJade-SGML-XML-HOWTO/
sedikit informasi dari link ini menurut saya. Dulu, ketika mempelajari
proses SGML/XML. link berikut sangat membantu saya:
http://ourworld.compuserve.com/homepages/hoenicka_markus/ntsgml.html
meskipun terakhir kulihat update th 2000. tapi bukankah SGML juga sudah
sangat lama?SGML kan kakeknya HTML:-)

Memang judulnya NTSGML, karena contoh-2 langkahnya untuk pemakaian
dengan NT. Tapi dari situ malah saya bisa belajar soal set
environmentnya dan Emacs+PSGML, yang bila disesuaikan dengan Linux,
mirip, yang menurut saya, merupakan IDE yang terbaik untuk membuat dokumen dengan
SGML/XML (Well, untuk XML mungkin bisa ditambah dengan XAE untuk lingkungan Emacs ini)

Pernah baca (tapi belum memakainya secara ektensif) ada editor XML yang
WYSIWYG, namanya conglomerate, www.conglomerate.org (jalan di gnome2)

--
Website: www.jroller.com/page/gwijayas