my pren..aku mau tanya nich..
squid ditempatku udah berjalan untuk browsing sementara ini baik
menggunakan proxy maupun tidak yaitu menggunakan NAT. nah yang aku
tanyakan adalah jika aku menggunakan nat maka diclient harus aku tulis
di dnsnya nameserver dari isp yang aku gunakan yaitu telkomnet...nah
bagaimana caranya agar diclient tidak usah mengisi nameserver isp tapi
cukup mengisi ip komputer squid spt yang aku lakukan jika menggunakan
wingate ( windows )..di wingate ada semacam dns resolvernya jadi cukup
dengan mengisi di client bagian gateway dan dnsnya dengan ip wingate
maka bisa browsing menggunakan Nat..bagaimana caranya jika menggunakan
squid ???

thx

s.hakim

--
Dahulu orang membantah kebenaran karena kebodohannya sekarang orang
membantah kebenaran karena kecerdasannya.