On 12-11-2003 5:39 PM Brad Pitt wrote:

> Konfigurasi dhcp server saya adalah: (/etc/dhcp.conf)
> ddns-update-style none;
> subnet 192.168.0.0 netmask 255.255.255.0 {
> }
>
> Anehnya, dhcp client ini tidak bisa mendapatkan IP dari dhcp server saya.
> Setelah saya perhatikan /var/log/messages, saya temukan:
>
> Feb 24 04:46:40 hib-linux dhcpd: DHCPREQUEST for 172.16.136.36 from
> 00:20:18:aa:15:15 via eth1: ignored (not authoritative)

Tentu saja, dia mencoba renew IP 172.16.136.36 yang tidak dilayani oleh
dhcp server anda, kalo konfigurasinya cuma seperti di atas berarti yg
dilayani cuma 192.168.0.0/24. Makanya diignore.

> Saya tidak mengerti bagaimana caranya membuat dhcp client ini bisa
> mendapatkan IP address karena selalu di-ignore oleh dhcp server-nya
> seperti tertulis di atas.

Salah satunya anda bisa buat dhcp servernya juga melayani
172.16.136.0/24, asal gak bentrok sama dhcp server satunya.

> Jika saja dhcp client tersebut di release dulu IP-nya, maka dhcp client
> ini akan bisa mendapat IP address.

Tentu saja, si client itu kan tadinya sudah punya IP, maka dia coba
renew lease utk IP itu dulu.

Tapi kalo udah direlease trus minta lagi ntar dapetnya 192.168.0.x kan?

> Mohon bantuan teman2 sekalian. Kira2 apa yang harus saya lakukan sehingga
> dhcp server saya bisa memberikan IP address pada dhcp client ini.
> Terima kasih banyak sebelumnya atas pertolongan rekan-rekan semua.

DHCP server anda diconfigure hanya melayani lease request di subnet
tertentu (192.168.0.0/24 saja), jadi request utk subnet lain ya jelas
diignore.

Ronny