On Tue, Nov 18, 2003 at 12:18:21PM +0700, Yudhiansyah Ahmadin wrote:

> yang ini memory nya 64 Mb
> kalau mozilla terasa berat, coba pasang opera for linux pak .
egh, kalo di kompie ini yang 128 MB memory, kok Firebird (pecahan
Mozilla yang khusus untuk browser) malah lebih ringan daripada Opera:-))

> Sementara saya cuma punya 32 Mb .....
> kira kira bisa nggak yah ?????
Mungkin dicoba dulu;-)

Btw, aku pemakai Debian. instalasinya bisa pilih base installation
(cuman 50MB, cuekin saja tasksel dan dselect, karena bagi yang baru,
kedua tool ini malah membuat mereka "benci" pake Debian, padahal enak:-))

<provokasi>
Mengapa? jika anda punya cdnya, instalasinya enak, ndak butuh GUI
instalasi tool, di console cukup "apt-get install nama_program" nanti dijawab
"Masukkan CD ......".  Apalagi kalo tersambung ke internet.....source
instalasi bisa ditambah dengan hanya menambahkan "deb http://alamat"; ke
/etc/apt/sources.list. Kalo kelamaan koneksi, pake options -d (download
only), tinggal tidur/aktifitas lain. Kalo sudah lengkap, hilangkan -d.
Mau upgrade lewat internet? apt-get update, untuk update paket bila ada
pengumuman bug, atau apt-get dist-upgrade, untuk upgrade (misal 3.0 ke
3r1, ato nanti kalo stable yang baru keluar). Jadi anda bisa selektif dalam memilih
paket. Soal paket-2 apa saja yang ada, jalan-2 lah ke http://packages.debian.org,
terserah akan memilih stable/testing/unstable, lha wong cuman lihat-2 aplikasi yang
ada tho? (official cd debian stable sebanyak 7, tapi aku cuman copy 3.
Yang lainnya kalo pas lagi butuh bisa d/l sendiri ato lihat-2 Info
Linux, biasanya nyediain paket-2 tertentu juga). Misal, ada ngak sih
program untuk ngelihat grafik hanya pake console saja? ada, di ke-3
cdku itu tersedia dan pernah aku pakai. Kalo ndak sala svgalib-bin. Mau
lihat pdf? Mungkin bisa pake pdftohtml dulu ato cuman lihat teks,
extract pake pstotext. dll dll dll
</provokasi>

Bagaimanapun juga teserah anda memilih distro yang ingin anda pakai.
Meskipun pakai distro selain Debian, saya sarankan jalan-2 ke
http://packages.debian.org untuk melihat-2 program-2 apa saja sih yang ada di
GNU/Linux?