Guys mohon infonya nih,

Apa yang perlu disetting untuk membuat sebuah gateway,
Saya sudah membuat 1 buah server, setting masquerading, dan squid, tapi tidak bisa jalan, padahal dari client sudah bisa ping keluar tapi tetap tidak bisa browsing.
Apakah harus setting DNS, kalau iya bagaimana ?

Bagaimana menginstall 75 komputer dengan cepat, 50 diantaranya sama specnya.
1. Apakah membuat 1 master lalu dicloning dengan norton ghost (saya sudah coba install 15 komputer sekaligus) waktunya lama sekali 8 jam.

2. atau dengan install lewat FTP, saya buat FTP server, saya copy cd mandrake 1 s/d 3 disana, kemudian dari client saya install lewat FTP, cepat tidak yach ?

Mohon donk informasinya sudah dikejar libur nih,
Thanks,
Rgds,
Bambang