On Fri, Dec 12, 2003 at 02:04:11PM +0700, Darwin wrote:

> Saya lagi ada trouble dengan qmail saya beberapa hari ini email yg
> dikirimakan tidak bisa masuk tapi juga tidak mental. namun queue email tidak
> besar cuman sekitar ratusan.

Bounce ke non-existent mailbox dengan sender yang dispoof (tidak
valid)? Kalau iya, kelihatannya dimilis ini sudah ada yang berhasil
mengepatch qmail untuk menolak ke user yang tidak valid di SMTP.
Buang qmail, ganti Postfix j/k :-)

> dan saya ps ax yang keluar itu qmail-smtpd dalam jumlah besar. namun kalau
> saya liat di qmailctl queue kg keliatan spamming. kenapa bisa begitu ya.

qmail-smtpd tidak berhubungan dengan jumlah queue yang banyak, jika
queue banyak maka ini sudah urusah qmail-remote.

 Asfihani