Tuesday, December 16, 2003, 2:02:16 PM, arie wrote:

> Dear linuxer,

> Email server pusat ada di jakarta, memakai NT Exchange, kebetulan di
> semarang sebagai client-nya jakarta,
> Otomatis memakai NT juga sebagai BDC (karena memakai domain yg sama).
> Di semarang sendiri ada server NT (sbg email) & Linux (sbg proxy, gw, NFS,
> dan web)

> Pertanyaan saya,
> apakah bisa jika server NT di semarang memakai Linux (Postfix) tetapi tetap
> bisa menghubungkan client semarang dengan server NT jakarta, dengan segala
> feature NT Exchange yang ada tetap bisa diakses client semarang, seperti
> [...]

Ya dan tidak. tergantung setupnya.
kalau diexchange diakses dgn mapi, anda harus rela kehilangan beberapa
'feature'nya (gal, shared calendar/contact/public folder etc).
jika pakai pure pop/imap akan sama saja, lebih mudah krn standard.

> Dan apakah Postfix juga support IMAP4 ??
tidak.
cari imap/pop server (courier-imap,uwimap atau cyrus)

> Apa harus menambahkan OpenLDAP di server Linux sebagai authentifikasi domain
> client ??

tergantung anda mau auth kemana. bisa saja pop/imap auth ke nt domain
(cari module ntlm untuk auth-nya)

> Aplikasi apa saja yang bisa mensupport Postfix supaya bisa menjelma sebagai
> "NT Exchange"
pakai saja aplikasi mailsalabim(tm) buatan saya. tapi rencananya saya
luncurkan 10 tahun mendatang, jadi tunggu saja...

kalau mau solusi saat ini juga, coba tengok apps2 dr bynari.net, tidak bisa 100%
tp lumayan.

> Saya inginnya hanya merubah server saja, tanpa harus merubah konfigurasi
> client

semua tergantung setup di client, bisa saja rubah secara transparant
atau harus rubah total sama sekali.

--beast