Hai milisers,

Saya sudah buat program billing warnet pakai bash script.
Billing ini secara otomatis akan refresh biaya tiap 1
menit. Di sini saya buat billing bagi 12 client. Setiap
menit program ini akan merefresh biaya terbaru. Awalnya
susah sekali buat scriptnya, pakai bash lagi, tapi dg
ngakali akhirnya bisa jadi juga.

Saya bermaksud membuat program billing under C, kebetulan
sekarang lagi belajar. Cuma saya belum tahu teknik
programming apa dalam C yg dipakai untuk membuat kondisi
spt ini:
   1) Pertama-tama, 12 client kondisi diskonek
   2) Client 1 dikonekkan, timing mulai berjalan, yg
      ditampilkan di layar :
        - Jam mulai
        - Lama koneksi
        - Tarif
      Tampilan di layar akan di-update setiap 1 menit.
   3) Client lain dikonekkan dst.
   4) Client tertentu didiskonek, data terakhir
      ditampilkan.
   5) Untuk menjalankan billing itu ada pilihan:
      - angka "1 s/d 12" untuk meng-konekkan atau
        diskonekan client sesuai dg nomor yg dipilih.
      - Tombol q untuk keluar.

Permasalahan, selama ini yg saya tahu belajar programming
adalah program berjalan secara serial, satu demi satu
perintah dijalankan sampai kondisi terpenuhi. Padahal
program billing ini menghendaki setiap obyek dijalankan
berbarengan (pararel).Jika saya pakai kondisi 'while true
do ABC', saya bingung bagaimana membuat client 1 mulai
jalan billingnya, kemudian menjalankan billing client yg
lain. Sementara billing berjalan, program menanti masukan
dr operator apakah untk meng-konek-kan atau diskonek-kan
client lain atau untuk keluar dr billing. Bisa juga pakai
kondisi setiap 1 menit sekali billing diproses, spt
program bash script di atas.

Tapi ini ada kelemahannya, karena beban yg berat, komputer
jadi lamban kerjanya, saya gunakan perintah 'sleep 60'
maksudnya agar setiap 60 detik billing dihitung ulang,
ternyata ndak sampai 60 detik melainkan lebih baru
billing diupdae ! Akibatnya costnya jadi lebih murah drpd
seharusnya.

Oleh karena itu, mohon pencerahan dr rekan-rekan
programming apa yg perlu saya pelajari agar program
billing saya bisa berjalan dg benar.

Oya, apa ini ada hubungannya dengan Obyek Oriented
Programming atau threading ?

TIA

~yudi