On Thu, Dec 25, 2003 at 01:08:16PM +0700, Markus Hardiyanto wrote:
> IGWS> Sebenarnya i-frame itu seperti apa? apa bedanya dengan frame html biasa?
> IGWS> Kalo boleh, bisa beritahu url yang ada i-framenya? Saya mau lihat dan
> IGWS> test
>
> sudah  tau  frame kan? fungsinya kan membagi jendela browser menjadi 2
> atau lebih untuk menampilkan 2 atau lebih halaman HTML.
>
> kalo i-frame itu bentuknya bisa seperti text area, tapi isinya halaman
> HTML juga.
oo. inline frame yah, dokumen lain di "embed" ke halaman html. Maklum,
saya dulu agak alergi dengan kata "frame", soalnya beberapa desain web
yang jelek yang menggunakan frame, malah jadi tidak bisa di akses
(usability-nya kurang). Contohnya http://www.eclipse.org/tools/index.html ketika
menggunakan mozilla. Saya harus menggunakan tombol Tab untuk dapat mengakses link
tool" yang tidak terlihat :-( Dan juga untuk memastikan bahwa iframe bukanlah
seperti i* lain yang jalan di Mac (itunes kan contohnya?)

oke, aku test alamat http://www.cs.tut.fi/~jkorpela/html/iframe.html,
dengan menggunakan Mozilla 1.5, opera 7.11, epipany 1.0.6 dan konqueror
bawaan Mandrake 9.1. Pada mozilla, opera dan epiphany tampil bagus(dan
aku kira seperti yang diharapkan oleh desainernya, iframenya di sebelah
kanan dari paragrafnya). Namun, untuk konquerornya, malah jadi ke kiri
dan di bawah paragraf yang dimaksud. Sepertinya konqueror memang masih
belum seperti yang diharapkan (sepertinya kurang mengikuti standar w3c).
epiphany menggunakan mesin gecko, jadi perlu ada mozilla.

menurut http://www.cs.tut.fi/~jkorpela/html/iframe.html#support,
netscape 6 mendukung. saya tidak tahu apakah anda menggunakan netscape 6
ataukah netscape 4.xx yang dulu sering disertakan di distro-2 gnu/linux.
Netscape 4.xx ini memang banyak masalah. Ketika membaca referensi-2 ttg
CSS1/CSS2 pun, banyak "nasihat/tipuan/trik" agar usability-nya jadi baik bila
ingin bisa dilihat dengan netscape 4.xx. Sayangnya, di dunia ini masih
banyak yang memamakai netscape 4.xx (karena Netscape saat itu masih jadi
raja browser)

aku heran, kemana yah galeon-ku;-P~ Apakah karena menginstall
epiphany(aplikasi di gnome), jadi galeon hilang/uninstall?-)

--
Program Diploma Teknik Elektro
Universitas Gadjah Mada

Blog:www.jroller.com/page/gwijayas
gpg-key: http://te.pdft.ugm.ac.id/~jaya/jaya.gpg
Key fingerprint = 8F89 C7CF 0B0C 27F2 4F64  9DED DB5F E088 079E C5E4