On 30-12-2003 6:40 AM Fanny Ardianto wrote:
> Aku lagi install QMail (MTA) di Redhat 9 sesuai petunjuk di
> http://people.cakraweb.com/~asfik/writings/qmail-vpopmail.html
> (thank's buat Mas Asfihani :)  ... ) Nah pada saat langkah install
> courier imap...Muncul pesan error configure: error: Cannot find either
> the gdbm or the db library. Padahal aku cek udah ada paket gcc-c++ dan
> juga gdbm nya. Tapi kok gak bisa di compile
> Mungkin ada temen2 yang bisa bantu. Versi courier imap 1.7.0

General rule of thumb (bukan cuma ke courier-imap doang) di redhat dkk
yg rpm-based:

Kalo mau mengcompile suatu program lalu dibilang bahwa dibutuhkan suatu
library xyz, maka selain xyz-nya sendiri harus diinstall juga xyz-devel
yg isinya adalah headers yg diperlukan utk mengcompile program yg
menggunakan library xyz tersebut.

Dalam kasus di atas, gdbm adalah librarynya. Paket gdbm isinya hanya
runtime library saja, sedangkan kalo mau compile program yg menggunakan
gdbm harus diinstall juga gdbm-devel.

Jangan tanya ke saya alasannya kenapa kok displit begitu, saya juga gak
terlalu ngerti, saya rasa sih alasannya paling hanya utk save space aja,
tapi dr pengamatan saya sih relatif kecil savingsnya. Mungkin ada alasan
lain yg saya belum tau.

Ronny