On Mon, 29 Dec 2003, Nyoman wrote:

> Hello ,
>
> [EMAIL PROTECTED] init.d]# tail /var/log/messages
> Dec 29 19:34:57 yuppie pppd[5161]: tdb_store failed: IO Error
>
> kalau saya jalankan

Klo dari man pppd, pppd menyimpan 'sesuatu' berkaitan dengan link dengan
menggunakan trivial data base (tdb).

       In circumstances the peer may send no endpoint discriminator or a
non-unique value.  The optional bundle option
       adds an extra string which is added to the peer's endpoint
discriminator and authenticated identity when match-
       ing  up links to be joined together in a bundle.  The bundle option
can also be used to allow the establishment
       of multiple bundles between the local system and the peer.  Pppd
uses a TDB database  in  /var/run/pppd.tdb  to
       match up links.

Saya curiga ini berkaitan dengan link telkom net instan. Dial saya (Dengan
ISP maupun dengan linux box lain) gak ada masalah seperti yang dialami
anda.

Kalau diliat dari source pppd, IO_ERR terjadi bila
- gak bisa nulis ke file tdb,
- gak bisa baca
- gak bisa bikin file tdb
- kesalahan struktural nulis database (puyeng juga liat source tdb)

Di google juga banyak yang nanya mas, sepertinya emang error yang gak
terlalu berpengaruh pada link, tapi cukup annoying :P

mungkin apabila anda gak ingin membundle lebih dari satu koneksi, gak
terlalu penting error itu. atau ketika error berlangsung, coba liat
/var/run/pppd.tdb, apa yang berubah dari file itu.  Kalau yang saya liat
di file saya, file tersebut bertambah ukurannya setiap saya dial.

Akhir kata, namanya juga trivial :P

HTH,

Anto