Dear all,

Saya pendatang yg sangat awam di Linux.

Saat ini saya punya 1 server NT yang berfungsi sbg printer server, DHCP server, DNS server, dan PDC sekaligus.
Selain itu, ada 1 server NT lain yang berfungsi sbg BDC-nya dan e-mail server.
Krn jumlah client dan aplikasi yang bertambah, sedangkan performansi NT server PDC kami sudah tidak memungkinkan, saya ingin me-migrasi server tsb ke Linux-based system.

Rencana dan keinginan saya adalah sbb :
- Membeli 1 desktop PC dg performansi tinggi (Intel P4-2.6 Gz, IDE HDD 40 GB, 256 MB RAM)
- Menjadikan desktop PC tsb sbg PDC, printer server, DHCP server, printer server, dan firewall sekaligus dg Linux
- Server baru Linux itu bisa tetap memanage domain, dan semua clients yg berbasis Windows (semua PC di tempat kami menjalankan OS W98, W95, W2K, dan Windows XP).
- Server tsb juga bisa tetap bersinkronisasi dg BDC yg masih menggunakan Windows NT Server 4.0.
- Gateway kami adalah router. Saya ingin menghubungkan router tsb dg firewall yg dijalankan oleh server Linux.

Tujuan saya :
- Tidak menyimpang dr UU HAKI.
- Perubahan konfigurasi server tidak banyak perubahan, hanya 1 server (PDC) saja yg dimigrasi.
- Tidak ada perubahan pada setting di client PC yg berbasis Windows.
- Meningkatkan security. Selama ini, router dan semua server terhubung ke switch, sehingga keamanan akses internet sulit dikontrol. Perubahan konfigurasinya : router terhubung ke firewall.

Pertanyaannya :
- Bisakah keinginan saya tsb terwujud ?
- Linux yg mana yg harus diinstall ?
- Aplikasi firewall apa yg bagus dan free ?
- Apakah sisi keuntungan dan kerugian dari konfigurasi yg saya inginkan tsb ?
- Adakah saran supaya tujuan saya terpenuhi dg performansi dan security yg andal ?

Terimakasih banyak atas pencerahannya.

Regards,

Lusie