On Wed, Feb 04, 2004 at 03:14:56PM +0700, Anwar Purnomo wrote:

> Sorry saya memforward dari email tetangga copy paste aja(karena ngirim
> ke milist tetangga time out terus), mungkin yg merasa tulisannya pasti
> tahu :-) ..

Betul sekali, ada problem antara routing Indosat ke sini. Maaf :(

3BC09178FA     2776 Wed Feb  4 13:56:47
[EMAIL PROTECTED] (connect to aei.co.id[202.155.115.140]: Connection timed out)

> dulu pernah saya coba buat settingan sendiri sbb:
> smtpd_recipient_restrictions = permit_mynetworks,
> reject_invalid_hostname, reject_non_fqdn_recipient,
> reject_non_fqdn_sender, reject_unknown_recipient_domain,
> reject_unknown_sender_domain,reject_non_fqdn_hostname
>
> Tapi hasilnya malah banyak domain yg terblokir, setelah saya check ndak
> fqdn, jadinya nggak saya pake' lagi (banyak sieh yg nggak fqdn banyak
> kolega yg dari s'pore)

Tentu lebih baik kalau ada contoh logs :)

> Maunya saya coba' settingan yg di bawah ini :
> Apakah bisa, jika menggunakan check_client_access -- tapi isi filenya kita PERMIT,
> dan jika melihat
> strukture restriction yg di bawah kayaknya yg non fqdn akan langsung di
> reject apakah benar?

Kalau melihat seperti diatas, maka client diluar $mynetworks akan
ditolak bila (helo,client,rcpt to)nya tidak menggunakan FQDN.

> Dan bagaimana struktur yg bener untuk mengijinkan yg non fqdn bisa lewat?

Untuk melakukan whitelist, anda bisa mengubah susunan order restriksi
di main.cf karena di Postfix urutan berpengaruh :) dan first match
wins di Postfix. Misalnya :

/etc/postfix/main.cf
smtpd_recipient_restrictions =
    permit_mynetworks
    check_client_access hash:/etc/postfix/client_checks
    reject_invalid_hostname
    reject_non_fqdn_recipient
    reject_non_fqdn_sender
    reject_unknown_recipient_domain
    reject_unknown_sender_domain
    reject_unauth_pipelining
    reject_non_fqdn_hostname
    reject_unauth_destination
    reject_rbl_client cbl.abuseat.org
    permit

/etc/postfix/client_checks
   # Client SG yang funny (10.11.12.13)
   10.11.12.13          OK

   # newsletter jobsdb.com yang menggunakan helo non FQDN
   202.153.120.210      OK

% postmap /etc/postfix/client_checks

> Settingan yg di bawah sudah saya coba sebentar, tapi waktu saya coba reload, malah
> nggak bisa jalan, di telnet port 25 .. ngehang, jadi balik kucing :-( nggak bisa
> lama2
> sieh trial nya, maklum machine nya sedang production .. jadi kalau bisa di change
> dan langsung bisa ..
> Dan apakah nggak ngaruh setiap command nggak ada tanda comma nya (,).

Delimiter entry pada parameter bisa menggunakan koma atau whitespace
(spasi).

 Asfihani