Sebelumnya terimakasih atas masukan dari rakan2.

untuk persoalan saya yang pertama :

> Saya punya masalah :
> 1. Saya ingin menghapus semua file dengan nama tertentu (misal : test.db)
> pada harddiks sekaligus dengan satu perintah, kira-kira gimana ya caranya
> ?

sudah dapat saya atasi dengan menggunakan perintah yang diberikan oleh mas
Dudi, yaitu :

for FILE in `find / | grep test.db`; do
        rm -rf "$FILE"
done

untuk persoalan saya yang kedua :

> 2. Saya ingin mengganti nama dari file-file yang terdapat pada suatu
> direcktory kedalam betuk lowercase, (misal Test.TXT menjadi test.txt),
> perintahnya kira-kira seperti apa ?

saya coba gunakan cara yang diberikan oleh mas Rizky, yaitu :

#cd $DIRECTORY
#perl -e 'foreach $fn (`ls`){rename($fn,lc($fn))}'

perintah di atas dapat tereksekusi dengan benar(tanpa pesan error), cuma
perintah tersebut tidak merubah nama2 file yang ada pada directory aktiv
menjadi lowercase.
Lalu saya coba cari google, dan saya temukan cara seperti di bawah ini :

find . -type f -exec \
perl -e 'rename($_, lc) || warn "$_: $!\n" for @ARGV' {} \;

dan ternyata sukses, perintah ini dapat merubah nama2 file yang ada pada
directory aktiv menjadi lowercase. Hanya saja perintah ini tidak dapat
me-rename file2 yang ada di sub directory.
tapi dengan perintah diatas sudah cukup untuk mengatasi permasalahan saya.

sekali lagi terimakasih atas masukannya.

salam
whaone