From: "Fitri Ade Gunawan" <[EMAIL PROTECTED]>

> email local adalah semua email account di email server yg aku pake. tujuan
> aku pake smtp auth adalah untuk menghindari user yg tidak termasuk dalam
> account di email server tidak bisa kirim email. karena waktu aku pake
> outlook ekspress dengan account sembarangan (bukan email account di
server)
> bisa kirim email baik ke email yg ada di server atau pun yg ada di
internet.

Saya ingin konfirmasi sekali lagi, jadi anda menginginkan email yang
ditujukan ke localhost.localdomain memakai SMTP AUTH dahulu agar bisa
dikirimkan?
Jika ya, lalu bagaimana email dr luar/internet mengirimkan email ke
localhost.localdomain anda ? Bayangkan saja jika [EMAIL PROTECTED]
kirim email ke temannya di [EMAIL PROTECTED], amir bisa kirim email karena
dia sudah SMTP AUTH. Giliran ableh balas email ke [EMAIL PROTECTED]
emailnya atau tepatnya SMTP server yahoo.com apakah harus pakai SMTP AUTH
pada
server mail localhost.localdomain dahulu ? Lah, nanti semua account email
localhost.localdomain harus disebarkan ke internet dong agar komunitas di
sana bisa kirim email ke domain lokal, kan perlu SMTP AUTH ?

Bingung kan ?
Saya juga.

Salam.

~yudi