untuk adding user setidaknya ada 2 perintah yang harus anda berikan,
pertama:

# setelah login sebagai root

$ useradd nama_user

# atau adduser ya? coba aja deh, soalnya saya gak pake redhat

terus perintah yang kedua setting password dengan perintah:

$ passwd nama_user

nanti akan diminta memasukkan password.

tentang xwindow, perintah anda sudah benar yaitu startx, tapi masalahnya
apakah anda sudah menginstall XFree86 atau belum, karena tanpa paket itu
maka linux tak akan memberikan pelayanan grafis. coba aja install KDE,
karena biasanya XFree86 dan 'antek-anteknya' ikut terinstall juga (biasa
dependency)

semoga membantu

<idud>