From: "lordsanjay" <[EMAIL PROTECTED]>

> Bener kok email itu penting sekali,
>
> saya pernah kerja di bank luar, waktu itu jadi field engineer
>
> Mereka terbiasa untuk deal konrak itu melalui email.
> Untuk pengumuman, meeting, penawaran pokoknya berhubungan dengan
> kerjaan kebanyakan lewat email.
> Makanya waktu itu ada joke, kalau ada kerusuhan kerja gak berhenti
> (bener, waktu kerusahn mei, mereka langsung bikin backup center di
> pondok indah)
> tapi kalo mail server gak jalan, pasti pada pulang semua =)

Wah, kalau di sini beda lagi, mail server jalan cuman ndak bisa
diakses selama hampir seminggu. Tapi client di sini pada bisa
nrimo :-), ya itulah orang jawa. Kalau mengikuti aturan
kerja anda di atas, kantor-kantor bakalan tutup seminggu.

Oya, saya jelaskan yg tadi, mail server ini mengalami perubahan
network, otomatis ip-nya berubah. Saya sudah ubah ip-nya,
dan proses migrasi ke internet sudah lancar setelah 24 jam.
Namun user-user disini yg koneksinya pakai telkomnet instan
masih belum bisa konek ke mail server, kecuali kalo pakai ip.
Rupanya dns telokom itu lho yg 202.134.0.155 ndak mau ngecache
data ip domain yg baru, dia masih menyimpan alamat ip lama,
padahal saya query ke ns indonet, cbn, indosat, atau yg luar
negeri sudah berhasil ngecache data ip baru. Sampai berselisih
4 hari, baru 202.134.0.155 udah nyimpan data yg baru. Dan kejadian
ini tidak sekali, beberapa kali malah !

Unfortunately, clientnya pakai win semua, kalau pakai linux
sudah saya suruh ganti dns-nya ke cbn misalnya. Oya, di tcp/ip
properties Win9x (dialup networking) sudah saya isi dns cbn, tapi
tetap saja winipcfg menampilkan dns-nya telkom. Why ?
Mungkin ada yg tahu bagaimana memaksa mesin win9x agar memakai
dns sesuai keinginan kita.

Anehnya lagi kalau ada domain baru, dns telkom langsung tahu.
Tapi kalau ada perubahan data domain, jangan harap refreshnya
cepat kayak dns isp yg lain.

So, mohon kalo ada wong telokom di sini, perbaiki dong mesin
202.134.0.155 !

TIA

~yudi