Lancard anda chipset, dan typenya apa?
PnP atau jumper setting?
Kalau PnP gunakan program bawaan (bareng dg driver) dari card  tsb.
Kalau jumper setting, lihat konfigurasi jumper pd card tsb.
Kalau isa card, kesalahan umum yang biasa terjadi adalah menggunakan irq 3
yang sama dg com2 atau irq 5 yg sama dg sound card isa atau lpt
Bisa jadi kalau yang terjadi adalah anda menggunakan card yang sama dan
setting resource yang sama.
Itulah kekurangan arsitektur isa yang memungkinkan hal ini terjadi.

btw: Kalau sempat coba datang ke psikiater, sepertinya anda menderita
penyakit jiwa obsesif kompulsif (ndak cukup ya ngirim sekali saja?).
Bercanda lho ya, nanti diambil hati malah tersinggung.

salam
-iggy