gak juga ...

sebenarnya program VB bisa jalan di Linux! Bahkan dengan SQL Servernya MS!
Berikut ini yg perlu ada modifikasi di VB anda:
- koneksi hanya bisa pake ODBC, jad kalo pake OLE DB ubah koneknya ke ODBC
- install ODBC for Linux/Unix di mesin Linux anda

Untuk mengubah SQL Server ke Linux, mk sebaiknya pake PostgreSQL. Dalam hal
ini MySQL tidak bisa digunakan sebab tidak mendukung Referential Integriry,
Transcantion, dan Store Procedure.Dari pengalaman saya cukup sulit
transisinya menskipun pake PostgreSQL sebab schema di MS SQL tidak
dikenalnya.
Saran:
Sebaiknya bangun Db Server baru PostgreSQL kemudian buat ulang aplikasi anda
dengan Delphi/C++ Builder/Java Builder.
Banyak sekali effort sia2 jika pake VB di lingkungan Linux.