Hai milisers,

Di warnet sini ada 1 server redhat 7.3 dg 8 client win98.
Pemakai win98 itu sering menyimpan data - file, program, dsb -
baik pada komputer win98 maupun pd server. Masalahnya adalah
karena ini warnet maka pemakainya bervariasi, ada yg member
warnet ada pula yg sekedar main saja, maka yg terjadi adalah
data-data milik member itu seringkali dihapus oleh orang lain.

Sementara ini pada server redhat saya gunakan samba untuk
sharing folder (writable) ke direktori /tmp/wks-XX, dimana
XX ini adalah alamat komputer win98. Saya menginginkan agar
folder ini mempunyai username & password dan hanya pemakai
yg ter-autentikasi saja yg bisa read and write di foldernya
sendiri. Jadi tiap user yg berhak akan memperoleh folder
sendiri-sendiri meskipun mereka melihatnya di explorer win98
hanya nama direktori myshare, misalnya.

Gambaran direktorinya mungkin seperti ini:

  /tmp/myshare
       |__ amir
       |__ budi
       |__ carlos
       |...dst

User amir mempunyai direktori /tmp/myshare/amir dst.
Namun dia melihatnya di win98 hanya folder 'myshare' dengan
proteksi username dan password.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana membuat account user
samba tsb, tentunya melalui smbadduser dan smbpasswd kan ?
Tapi saya tidak ingin samba membaca /etc/passwd karena ini
user samba bukan user account server redhat.
Kemudian apakah samba bisa membuat sendiri folder untuk
user yg pertama kali berhasil autentikasi atau apakah
admin sendiri yg kudu membuat foldernya ?
Saat win98 restart, biasanya kan muncul prompt logon network
dengan username dan password. Lantas apa bedanya dengan
user samba yg dicreate kemudian yg tidak sama dengan
user networknya win98 ? Saya tidak mengingkan agar pemakai
win98 untuk logoff dan kemudian isi username dan password
untuk logon network agar _bersesuaian_dengan_user_samba.
Kalau cara model logoff dan logon win network, saya bisa
buat sendiri user account server dengan folder di home
direktorinya sendiri, tapi bukan ini yg saya inginkan.
Karena kemungkinan besar pemakai atau user samba lupa
atau tidak logoff dari win98 bisa terjadi.

Wah, mungkin pertanyaan saya agak njelimet yah.
Terimakasih banyak sebelumnya atas tanggapan rekan-rekan.
Ide ini muncul setelah saya mencoba folder guard (windows).
Software ini baguslah untuk komputer lokal tapi untk
dipasang di jaringan agak susah.

TIA

~yudi