On Wed, Feb 25, 2004 at 10:50:12AM +0700, Arief Yudhawarman wrote:

> Hai milisers,
>
> Saya lagi mencoba layanan gratis domainpop (ATRN/ODMR) dari salah satu
> provider mail hosting. Dari tanya jawab mengenai layanan mereka, saya
> mendapat balasan email dr orang support seperti di bawah ini.
> Saya pikir postfix mania bisa menjelaskan atau mengkonfirmasikan
> pendapat orang support tsb :

> Pernyataan di bawah ini yang minta dikonfirmasi.

Untuk Postfix memang bisa. Tutorial coba ke :
http://jimsun.linxnet.com/misc/postfix-anti-UCE.txt

Pada Postfix, user lokal (yang menggunakan /etc/passwd) bisa merelay ke
server Postfix. di http://www.postfix.org/addon.html banyak tutorialnya,
terutama soal SASL

LDAP/Mysql biasanya digunakan untuk "virtual user". Kalo autentikasi
lewat /etc/passwd, tidak perlu.

> Tambah satu pertanyaan lagi, postfix yg rencananya akan saya install
> ini akan 'melemparkan' (relay) semua outgoing email ke mail relayer,
> mail relayer ini pakai smtp auth, bagaimana konfigurasinya di postfix ?
http://www.postfix.org/addon.html
Untuk user yang mobile, agar bisa relay, konfigurasi SASL "berbau"
smtpd. Sama, http://www.postfix.org/addon.html banyak tutorialnya

--
Program Diploma Teknik Elektro
Universitas Gadjah Mada

gpg-key: http://te.pdft.ugm.ac.id/~jaya/jaya.gpg
Key fingerprint = 8F89 C7CF 0B0C 27F2 4F64  9DED DB5F E088 079E C5E4