Quoting arif on 01-Mar-2004,
> hi,
> saya memakai redhat 9. dan saya lagi belajar u/ instal2 software.
Selamat belajar n berpetualang!

> setelah browsing2 saya bingung tentang source program yg akan di
> download. karena ada pilihan binary or source. beda antara keduanya apa?
Binary: program sudah di-compile, tinggal diinstal lalu pakai.
Source: program masih dalam bentuk source code (kode sumber).
Source code adalah kode program yg ditulis oleh programmer dg
menggunakan bahasa pemrograman, misalnya C, Java, Asembler, pascal,
dll.
Source code di-compile menjadi format binary, kemudian baru bisa
dipakai. Ada juga sih source code yg gak harus dicompile, tapi
di-interpreter (misal PHP, JavaScript, Bash script).

> u/ instal program pilih yg mana? thanks
Kalo tinggal pakai saja (tdk mau compile dari awal) pilihlah yg
binary. Tapi kalo mau di-customize, mulailah dari mengkonfigurasi
source code -> compile -> instal. Biasanya petunjuknya ada dibundel
source code program ybs.