On 2004.03.05_09:36:18_+0000, lordsanjay wrote:
> Ada yang tahu distro Linux khusus untuk network/routing tidak?

pada dasarnya semua distro dapat dipakai untuk keperluan ini. bagaikan
lego, kalo di linux asal ada compiler dan source code, semuanya dapat
dicompile dan dikonfigurasi.

beberapa distro melakukan _customization_ terhadap package yang
dimaksud. mungkin inilah yang membedakan antara distro satu dengan yang
lainnya. tapi bila mengikuti standar dari source code yang bersangkutan,
di distro mana pun dapat dijalankan.

bila menginginkan distro yang mini, yang muat di DOM misalnya, bisa
pakai LEAF.[0] release favorit saya adalah Oxygen, Bering dan
Bering-uClibc. Banyak distro lain dengan tujuan serupa. google.com dan
freshmeat.net punya daftar yang lebih lengkap daripada posting ini.

> Seperti Mikrotik tapi yang versi gratisan

Untuk mempunyai fitur selengkap Mikrotik dengan user interface
segala, LEAF masih belum. tapi, setidaknya untuk *BSD dan pf, terdapat
aplikasi yang mengimplentasikan command cisco untuk manage sistem ybs.
tidak tau apakah di linux sudah ada yang membuat software yang sejenis.

kesimpulannya, untuk kebutuhan mendasar bagi saya setidaknya Mikrotik
overkill.

tunggu dulu, setelah surfing 2 menit di sitenya (CMIIW), selain web
based, konfigurasi Mikrotik menggunakan telnet? saya tidak akan
menggunakan protokol ini untuk konfigurasi sistem seperti router, selain
bila memakai cross-over cable langsung antara laptop dan router, atau di
atas protokol secure lainnya seperti SSL. YMMV.

> Ada ada yang tau crackannya (hehehe kebiasaan windows)

off topic, mas.

0. http://www.leaf-project.org

--
The six great gifts of an Irish girl are beauty, soft voice, sweet speech,
wisdom, needlework, and chastity.