Ngecek apakah dah aktif atau belum adalah :
#dmesg
kamu coba liat apakah ada dev yang teregister di ttyS0 (port com1) atau
ttyS1 (com2).
kalo belum di link, tapi dah teregister kamu bisa llink sendiri dengan
perintah ln ke /dev/ttyS0 atau /dev/tyS1
kalau modemnya tidak dikenal barangkali modulnya nggak masuk waktu
compile kernel (defaultnya nggak ada) compile aja lagi kernelnya
biasanya modem ada di /dev/modem atau /dev/modem0
karena serial port nya biasanya dah support langsung ama kernel jadi ya
tinggal dimanfaatkan.
ok