-----Original Message-----
From: Dion Sasmito [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, March 12, 2004 11:09 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [tanya-jawab] 2 link

Setelah di pikir pikir lagi dan karena posting lordsanjay jadi kepikir
lagi, install ajah static routes di tiap komputer.
kalo di komputer komputer lan02 yah tulis semua ip yang harusnya lewat
iix dan kasih tau agar gatewaynya isp2. default gateway tetap isp1.

Pake linux gampang, tapi gimana cara nya kalo pake windows yah ? Ada
yang tau ?

Cara saya tadi itu jauh lebih rumit tapi karena dulu kita ngga bisa
classify berdasarkan ip saja tapi payload juga. jadi ngga bisa pake
routing biasa yang pake destination ip.

Terus, ada beberapa hal yang saya tidak ngerti,

"lordsanjay" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> 1.gimana caranya biar link dari lan-01 yg request ke iix langsung di
> kirim ke ISp2 ( baik  level routing atau NAT )
>

> ---> Perlu impor routing lokal dari ISP 2 (dengan BGP atau yang
> ---> lainnya)

Ini import routing lokal (iix) dari iix ke isp2 kan ?

--> kurang tepat, tapi minta routing IIX dari ISP2 ke kita
    jadi sepertinya mesti pake BGP juga, seperti kata bung Ronny
    mendingan pake zebra di Linux

> 2.gimana caranya biar link dari lan-02 yg request ke internasional
> site dikirim ke isp1 ( routing dan NAT )
>

> ---> default gateway ke ISP1, jadi otomatis kalau routing lokal masuk
> ---> ke
> ISP2, sisanya masuk ke ISP1 (internasional)

Tiap komputer di lan01 kan default gw nya ke isp1 dan tiap komputer di
isp2 kan gw nya isp2. Terus mau di ganti agar tiap komputer di lan02
default gw nya jadi isp1. Yah tiap packet yang di kirim pasti
destination addressnya isp1 dong ? Dan isp2 ngga akan pernah forward apa
apa ke iix ? Atau gimana ?

---> Yang saya maksud gateway diset ke ISP1 itu default gateway di
router (192.168.1.1 / 192.168.1.100)
     jadi nanti anda dapat sekitar 13000 an routing lokal dan default
gateway ke ISP1.

Dion