----- Original Message -----
From: Hendry <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Fri, 19 Mar 2004 11:23:24 +0700
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [tanya-jawab] modem di linux

> saya menggunakan linux mandrake 9.2 dgn kernel 2.4.22-10mdk
> dan saya telah melakukan kompilasi kernel 2.6.3 pada mandrake saya.
> Yang ingin saya tanyakan, bagaimana agar modem saya bisa ke detect di kernel
> 2.6.3, padahal di kenel 2.4.22-10mdk telah bisa digunakan..
> Saya ingin tau bagaimana caranya dpt detect medem saya..
> Modem saya adalah 3com us robotics

Masalah modem di GNU/Linux cenderung muncul cuman kalo modem itu termasuk winmodem.
Kalo nggak salah, modem yang anda punya itu masuk kategori winmodem.
winmodem itu pake library window$ buat operasinya (nggak murni hardware-> it sucks),
dan itu masalah yang cenderung sulit terpecahkan di Linux, karena
vendor winmodem nggak ngasih source code, jadi yang ada cuman driver buatan orang
yang dites emang bisa jalan (walaupun nggak optimal) dan sangat dependent (tergantung
kernel, distro, dsb).

Nama situs khusus penderita winmodem :-) -> www.linmodems.org.
Nah untuk modem anda (3com robotics) terakhir saya baca belum ada driver yang dibuat.

|+agung+|