On Wed, Mar 24, 2004 at 10:37:16AM +0700, Arief Yudhawarman wrote:

> [...]
> 'query status=7 (error)' cuma ndak ada tampilan waktunya,
> jadi saya kesulitan untuk mengetahui kapan pop servernya
> lagi trouble. Berikut petikan log fetchmail:
>
> fetchmail: terminated with signal 15
> fetchmail: starting fetchmail 5.9.0 daemon
> fetchmail: Query status=2 (SOCKET)
> fetchmail: timeout after 300 seconds waiting for server pop.server-abc.net.
> fetchmail: client/server synchronization error while fetching from
> pop.server-abc.net
> fetchmail: Query status=7 (ERROR)
> fetchmail: timeout after 300 seconds waiting for server pop.mega-plasma.net.

fetchmail versi berapa ya? Jangan-jangan versi yang sudah masuk
museum masih dipakai.

Kalau output ditempat saya (port 110 sengaja ditutup):

fetchmail: awakened at Wed 24 Mar 2004 03:25:57 PM WIT
fetchmail: POP3 connection to mail.blah.edu failed: Connection refused
fetchmail: Query status=2 (SOCKET)

Jika hostname nya diubah menjadi FQDN:

fetchmail: awakened at Wed 24 Mar 2004 03:29:37 PM WIT
fetchmail: 6.2.3 querying mail.its.ac.id (protocol POP3) at Wed 24 Mar
2004 03:29:37 PM WIT: poll started
..

% fetchmail -v
This is fetchmail release 6.2.3+POP2+RPA+NTLM+SDPS+SSL+OPIE+NLS
..

> Sudah baca man fetchmail, namun kelihatannya tidak ada info mengenai
> seting lognya, kecuali fetchmail digabungkan ke syslog, tetapi fetchmail
> ini dijalankan oleh user biasa bukan oleh root apa bisa masuk syslog ?

Baca lagi manual syslog. Buat/ubah facilty untuk menangkap output dari
mail.* ke file yang lain. Ganti group tersebut ke group user yang
diperbolehkan mengaudit (menjalankan fetchmail), toh tidak semua user
menjalankan fetchmailkan? Ini basic.

> Dan lagipula kalau pun bisa digabungkan dg syslog, saya sebagai user
> biasa apa bisa lihat /var/log/messages ?

Lihat jawaban diatas.

 Asfihani