From: "Tanya Jawab Linux" <[EMAIL PROTECTED]>

> Wuih, lumayan juga speednya, bisa 300 KB/s, yah itu karena shell
> accountnya terletak di link internasional, otomatis bandwithnya
> kenceng. Setelah itu apa yg saya lakukan, apakah bisa langsung
> kirim via util mail ? Tentu saja tidak, file tsb adalah binary
> jadi harus di-encode dulu agar bisa ditransfer via protokol smtp.
>
>   $ uuencode uuencode -m dat_latest.exe dat_latest.exe > foo
>
> Untuk mengetahui arti perintah di atas silahkan man uuencode :-)
>
> Baru setelah itu dikirim via mail.
>
>   $ mail -s "dat_latest.exe"  [EMAIL PROTECTED] < foo

Hampir saja kelewatan, setelah menerima email yg berisikan
file yg telah di-encode tsb maka langkah selanjutnya adalah
men-decode file tsb agar bisa dikenal sebagai dat_latest.exe

Selanjutnya ini saya serahkan sebagai PR untuk anda, hehehe ..
Soalnya saya kudu booting ke linux dulu agar bisa menjelaskan ini.
Lagipula saya tulis email ini dengan outlook express (win98).
Petunjuknya man uudecode atau uudecode --help.

Anyway, karena saya menulis email ini pakai outlook express,
lantas email yg berisi file encode tsb saya simpan sbg file txt.
Kemudian saya rename extensionnya dg b64 (base 64).
Setelah itu buka window explorer dan double klik filenya, maka
akan terbuka winzip jika anda punya winzip, extract filenya.
Voila jadi deh dat_latest.exe.

Semoga ada guru lain yg mau menyempurnakan tip ini, agar tidak
terlalu rumit langkahnya soalnya email yg saya terima itu tidak
mengandung informasi file attachment (saya memakai outlook express).
Mungkin bisa menambahkan informasi header di email (?) bahwa email
ini mengandung attachment blah blah blah ....

Salam

~yudi