rekans,

saat ini mail server yang digunakan ditempat saya menggunakan sendmail.
user emailnya adalah user di server, tidak menggunakan mysql. saya ingin
migrasi ke qmail dan data usernya disimpan di mysql tidak di mesin server
lagi.

saya sudah berhasil menguji coba menginstall qmail, vpopmail, mysql,
courier-imap, squirrelmail, qmail-scanner, clam antivirus, spamassassin
diserver lokal (mengikuti petunjuk di
http://www.pipeline.com.au/staff/mbowe/isp/webmail-server.htm). yang
menjadi masalah bagi saya adalah bagaimana memindahkan user yang sudah ada
ke qmail agar email-email terdahulu tidak hilang.

sebelumnya saya juga pernah mencoba (dan berhasil) menginstall postfix
dari tutorial
http://people.cakraweb.com/~asfik/writings/postfix-virtual.html, tapi
karena tidak menggunakan mysql maka tidak saya pakai. padahal saya ingin
juga nyoba postfix ini. suatu saat saya akan mencoba tutorial yang ada di
http://www.postfix.or.id/docs/postfix_virtual_mysql.pdf.

kemudian, ada permintaan begini: email yang dikirimkan/diterima oleh
seorang user agar otomatis di-bcc/forward-kan ke user tertentu. apakah
mungkin dilakukan? bagaimana caranya?

mohon bantuan rekans semua...

Salam,
Oeban Poetih.