----- Original Message -----
From: "Abdul Rahman" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, April 21, 2004 8:44 AM
Subject: [tanya-jawab] smtp qmail

> Dear All ,
>
> di mail server saya dah running qmail dan sudah coba
> send receive (normal), trus saya coba cek ke :
> #tail -f /var/log/qmail/current
> isinya :
> @400000004085d1ee050bfff4 alert: cannot start:
> qmail-send is already running
> @400000004085d1ef065168a4 alert: cannot start:
> qmail-send is already running
>
> trus saya coba command :
> #netstat -a |grep smtp
> keluarnya :
> tcp        0      0 *:smtp                  *:*
>              LISTEN
> [...]

sptnya ngga ada masalah dengan smtp qmail anda.
hanya saja, error terjadi karena ada dobel running qmail-send

cara extreme sih, restart pc pasti beres :)
cuman, kalo restart PC keseringan, itu bukan server namanya :p

anda pake qmailctl ?

coba :

# killall qmail-send
# /path/to/qmailctl start

biasanya, error ini terjadi karena anda "qmailctl restart".

kalau saya (menggunakan supervised),
- saya edit "/etc/inittab",
- kasi pager (#) di line yang ada "svscanboot",
- jalankan "init q",
- masuk kembali ke "/etc/inittab",
- ilangin pager (#) di line tsb diatas,
- jalankan lagi "init q",

report memang, tapi kalo dah biasa sih lancar2 saja. cara extreme manual
saya diatas, karena saya ngga mau ngedit otomatis (scripting) untuk file2
yang sangat riskan dipakein otomatis.

daripada restart pc.

-dn-