On 30-Apr-2004, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> Server saya P3-1,3MHz, mem 1GB, running Mandrake8.2, kenapa yah
> seringkali server saya loadnya mendadak tinggi, kalau diliat di
> uptime dan top load averagenya bisa 130 keatas! Dan anehnya kalau
> dilihat di top dan ps axuww tidak nampak proses yg tinggi, aneh. Dan
> juga pada saat kejadian tersebut ada satu partisi yg tidak bisa
> dibaca, yaitu /var/spool/mail. Any clue? Ada cara lain utk mencari
> sumber high cpu load selain top?

Kalo dilihat di top kan ada 7 columns utk CPU time-nya, yg paling
tinggi yg mana?

Sama halnya dg load average ada 3 columns, isinya apa saja?

Waktu saya pake kernel 2.4 loadnya tinggi saya lihat CPU timenya
tinggi tapi yg tinggi system time, bukan user time, jadi saya tau kalo
ini kemungkinan di kernel atau di salah satu module kernel. Saya coba
remove satu2 module2nya, dan ternyata memang bener, module ehci-hcd
(USB 2.0) yg menyebabkan CPU load saya tinggi, gak tau kenapa. Skrg di
kernel 2.6 gak gitu.

Ronny